Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di SMP Negeri 1 Muaro Jambi

Istiqomah, Ayu (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
1. Cover Luar.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (234kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (271kB)

Abstract

ABSTRAK Istiqomah, Ayu. 2020. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Smp Negeri 1 Muaro Jambi : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dra. Sofnidar, M.Si (II) Yelli Ramalisa, S.Pd., M.Sc. Kata kunci : Strategi, aktif, kemampuan, pemecahan masalah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe the learning cell terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII di SMPN 1 Muaro Jambi tahun ajaran 2019/2020 pada materi lingkaran. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Muaro Jambi pada Februari 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan The Rendomized Posttest-Only Contol Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi yang berjumlah 103 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, terpilihlah kelas VIII E sebagai kelas eksperimen I, kelas VIII F sebagai kelas eksperimen II dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay untuk melihat kemampuan pemecahan masalah siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Setelah data tes didapatkan, data diuji dengan uji hipotesis ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari hasil perhitungan dan analisis jika kelas eksperimen II dibandingkan dengan kelas eksperimen I maka berdasarkan dengan

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ayu Istiqomah
Date Deposited: 27 Jul 2020 02:38
Last Modified: 27 Jul 2020 02:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13122

Actions (login required)

View Item View Item