WULANDARI, SEPTIANI (2020) ANALISIS ETNOMATEMATIKA PADA MAKANAN KHAS JAMBI UNTUK INSTRUMEN PEMBELAJARAN ARITMATIKA SOSIAL. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
1.Cover.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
3.lembar pengesahan.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
8.DAFTAR ISI BARU.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (88kB) |
Abstract
ABSTRAK Wulandari, Septiani 2020. Analisis Etnomatematika pada Makanan Khas Jambi untuk Instrumen Pembelajaran Aritmatika Sosial: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Kamid, M.Si., (II) Ranisa Junita, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Etnomatematika, Makanan khas Jambi, Instrumen Pembelajaran Aritmatika Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil etnomatematika pada Makanan Khas Jambi untuk Instrumen Pembelajaran materi Aritmatika Sosial pada jenjang sekolah menengah pertama sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan di Rumah makan khas Jambi KajangLako di Telanaipura, Kota Jambi. data penelitian diperoleh dengan cara melakukan wawancara dengan pemilik rumah makan khas Jambi KajangLako dan observasi diperoleh dari koki yang bekerja di rumah makan khas Jambi KajangLako. Data dianalisis secara Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan metode Miles dan Hubermas. Hasil penelitan menunjukkan bahwa terdapat aspek-aspek etnomatematika pada makanan khas Jambi yaitu : Aspek locating (lokasi) pada saat menentukan lokasi pembelian bahan-bahan untuk membuat makanan khas Jambi. Aspek measuring (pengukuran) berapa banyak ukuran bahan-bahan untuk membuat 1 porsi makanan khas Jambi. Aspek designing (merancang) bagaimana koki menyiapkan bahan-bahan untuk membuat makanan khas Jambi. Aspek explaining (menjelaskan) menjelaskan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat makanan khas Jambi. Aspek counting (perhitungan) berapa omset perhari penjualan makanan khas Jambi. aspek-aspek tersebut dikaitkan dengan instrumen pembelajaran materi aritmatika sosial pada kelas VII. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai informasi bagi guru dalam bahan pembelajaran matematika untuk membuat bahan pembelajaran dan mengembangkan bahan pembelajaran matematika dengan berbasis budaya khususnya pada makanan khas Jambi serta menggunakan aspek-aspek etnomatematika.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SEPTIANI WULANDARI |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 04:12 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 04:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |