PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR EKOSISTEM AIR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Andriani, Evi (2020) PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR EKOSISTEM AIR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER PDF-dikonversi.pdf

Download (40kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN pdf-dikonversi.pdf

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR ISI PDF-dikonversi.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB I pdf-dikonversi.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB V pdf-dikonversi.pdf

Download (11kB)

Abstract

Andriani, Evi. Pengembangan media miniatur ekosistem air berbasis kontekstual pada pembelajaran tematik kelas V sekolah dasar: skripsi, jurusan ilmu pendidikan program studi pendidikan guru sekolah dasar, Pembimbing: (1) Drs. Andi Suhandi S.Pd., M.Pd (II) Issaura Sherly Pamela S.Pd, M.Pd. Kata kunci : media, miniatur, ekosistem air Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan media miniatur ekosistem air berbasis kontekstual pada pembelajaran tematik kelas V sekolah dasar dan mengetahui kualitas dari produk yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SD NEGERI 13/1 Muara Bulian. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan angket yang diberikan kepada peserta didik untuk mengetahui data infomasinya. Pada saat observasi bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi ekosistem air pada tema ekosistem subtema komponen ekosistem pada pembelajaran tematik. Dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan media yang sederhana yaitu papan tulis, alat tulis dan buku tema untuk materi ekosistem sehingga peserta didik kurang memahami pembelajaran yang dilakukan. Menurut Daryanto (2013:07) menyatakan bahwa media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Maka peneliti melakukan pengembangan media miniatur ekosistem air pada pembelajaran. Himmia hayati (2013 : 02) menyatakan bahwa media miniatur adalah media yang bentuknya sama persis dengan bentuk asli tetapi disajikan dengan ukuran yang lebih kecil sehingga proses pembelajaran bisa menggunakan media yang kongrit dan dilihat langsung oleh peserta didik. Model yang di gunakan dalam penelitian yaitu Model ADDIE yang memiliki beberapa tahap ialah : 1. Analisis, 2. Desain, 3. Development, 4. Implementasi, 5. Evaluasi. Sebelum melakukan tahap uji coba media dilakukan validasi yang di validasi oleh ahli media dan ahli materi. Ketika media sudah valid maka media di uji coba kepada peserta didik untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Hasil yang didapatkan dari uji coba kelompok kecil berupa respon dan saran terhadap media yang dikembangkan. Berdasarkan hasil uji coba tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan memiliki tingkat kevalid yang valid sesuai dengan kisi-kisi yang telah di validasi oleh para ahli. Dan mampu untuk peserta diidk memahami materi tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan pemahaman peserta didik peserta didik yang diketahui dari hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media miniatur ekosistem air berbasis kontekstual dan media dapat diterapkan di dalam kelas.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: EVI ANDRIANI
Date Deposited: 28 Jul 2020 01:54
Last Modified: 28 Jul 2020 01:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13127

Actions (login required)

View Item View Item