Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Muaro Jambi

Velianti, Yuventa (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (319kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (76kB)

Abstract

ABSTRAK Velianti Yuventa. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Skripsi. Program studi pendidikan sejarah. Jurusan PIPS FKIP universitas jambi. Pembimbing: (1) Bapak Drs.H. Arpizal, M.Pd., (II) Ibu Reka Seprina, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Muaro Jamb. Hal ini dikarenakan domnannya proses pembelajaran langsung. Pembelajaran siswa menjadi pasif. Dengan melibatkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) membuat siswa menjadi aktif dan memiliki semangat dalam proses pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). (X) terhadap Hasil Belajar (Y) Siswa SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan eksperimen yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang diberikan perlakuan berbeda. kelas eksperimen X2Hitung = 72,7648,dengan rata-rata nya yaitu 43,15, lebih baik dari data nilai belajar sejarah siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 39,55 dengan X2Hitung = 48,83, dan perhitungan Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung = 2,75. Kriteria pengujiannya adalah dengan dk = n1 + n2 – 2. Maka diketahui dk = 33 + 36 – 2 = 67 dapat dilihat pada tabel distribusi t dk = 67 dengan taraf signifikan 0,05 adalah . Dengan demikian nilai thitung> ttabel (12,51 > 1,6704) berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi kesimpulannya terdapat positif yang signifikan penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri Muaro Jambi. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antar model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: YUVENTA VELIANTI
Date Deposited: 28 Jul 2020 01:54
Last Modified: 28 Jul 2020 01:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13130

Actions (login required)

View Item View Item