PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA ISI TEKS NARASI SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2019-2020

NINGSIH, WIDIA (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA ISI TEKS NARASI SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2019-2020. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (88kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK Ningsih, Widia. 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Bercerita Isi Teks Narasi Siswa Kelas VII D SMP Negeri 1 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2019-2020. Pembimbing (I) Drs. Akhyaruddin, M.Hum, (II) Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd. Kata kunci : Pembelajaran, talking stick, teks narasi Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh pembelajaran talking stick terhadap kemampuan bercerita siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Muaro Jambi berdasarkan langkah-langkah talking stick, kelengkapan aspek kebahasaan dan non kebahasaan teks narasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Pendidikan dilakukan di SMP Negeri 1 Muaro Jambi pada bulan November 2019-februari 2020. Poppulasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi Yakni 5 kelas yang berjumlah 150 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 1 kelas yang berjumlah 30 siswa diambil menggunakan teknik sampling purposive populasi, diambil satu dari 5 kelas. Hasil dari kemampuan bercerita siswa kelas VII D posttest lebih tinggi dibandingkan pada pretest. Tinjauan ini dilihat dari data yang diperoleh dan dilihat dari hasil uji-t dan uji N-Gain yang telah dilakukan. Pada uji-t diperoleh nilai sign (0,07>0,05). Begitupun H0 ditolak dan H1 diterima dengan tarafsignifikan (0,000 < 0,05). Hasil tersebut menggambarkan bahwa metode keterampilan bercerita siswa berpengaruh dengan menggunakan metode pembelajaran talking stick di kelas VII D SMP Negeri 1 Muaro Jambi. dan rata-rata perolehan N-Gain sebesar 0,71 dan masuk dalam kategori tinggi. Penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Kemampuan bercerita keterampilan bercerita siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran talking stick di kelas VII D SMP Negeri 1 Muaro Jambi berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 33,3. 2) kemampuan bercerita siswa sesudah menggunakan metode talking stick di kelas VII D SMP Negeri 1 Muaro Jambi berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 66,8. 3) Berdasarkan hasil uji t menunjukkan data pre-test dan post-test kemampuan bercerita isi teks narasi siswa menggunakan metode talking stick di kelas VII D SMP Negeri 1 Muaro Jambi nilai sign (0,07>0,05). Begitupun Ho ditolak dan HI diterima dengan taraf signifikan (0,000>0,05). Hasil tersebut menggambarkan bahwa metode keterampilan bercerita siswa berpengaruh dengan menggunakan metode pembelajaran talking stick.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing (I) Drs. Akhyaruddin, M.Hum, Pembimbing (II)Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WIDIA NINGSIH
Date Deposited: 28 Jul 2020 06:23
Last Modified: 28 Jul 2020 06:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13132

Actions (login required)

View Item View Item