PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN HIKAYAT PADA SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI

FERNANDO, FERNANDO (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN HIKAYAT PADA SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)

Abstract

ABSTRAK Fernando. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Bercerita dalam Materi Hikayat Siswa Kelas X Semester Ganjil di SMA Negeri 1 Kota Jambi Jambi. Pembimbing (1) Drs. Akhyaruddin, M.Hum, (II) Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd. Kata kunci : penggunaan, media audio visual, hikayat Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan bercrita materi hikayat siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Jambi. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang disebabkan oleh minimnya pelatihan dalam meningkatkan keterampilan berbicara, penggunaan media pembelajaran kurang dioptimalkan oleh guru sehingga siswa tidak tertarik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kota Jambi pada Januari 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 4 sebagai kelas pre-test dan post-test yang diambil dengan menggunakan teknik Sampling purposive. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengambilan data dengan melakukan tes. Hasil penelitian keterampilan bercerita materi hikayat siswa kelas post-test lebih tinggi dibandingkan dengan pre-test. Tinjauan ini didasarkan pada rata-rata skor keterampilan bercerita, kelas pre-test memperoleh nilai rata-rata 33,5. Berbeda dengan kelas post-test yang memproleh rata-rata sebesar 71,9. Berdasarkan uji normalitas diketahui nilai signifikansi 0.216 > 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas berdasarkan hasil perhitungan dan pengolaan data yang dilakukan dengan program SPSS 21, diperoleh nilai signifikansi 0,222 > 0,005, maka dapat disimpulkan bahwa data penelitian yang diperoleh berdistribusi homogeny. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji t dengan bantuan SPSS 21, maka diperoleh signifikansi atau sig sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil kemampuan bercerita siswa pada data pre-test da post-test. Berdasarkan uji N-Gain, dapat dianalisis bahwa selisih antara nilai pretest dan posttest menghasilkan nilai N-Gain. Dimana rata-rata nilai pretest sebesar 33,5 dan rata-rata nilai posttest adalah sebesar 71,9 dengan rata-rata perolehan N-Gain sebesar 0,78 dan masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian maka saran peneliti adalah disarankan kepada siswa agar sering mempelajari keterampilan berbicara, seperti dengan membaca buku-buku berbicara dan banyak melakukan latihan.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing (1) Drs. Akhyaruddin, M.Hum, Pembimbing (II) Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FERNANDO
Date Deposited: 28 Jul 2020 06:23
Last Modified: 28 Jul 2020 06:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13136

Actions (login required)

View Item View Item