Analisis Pelaksanaan Model Learning Cycle 5E Pada Materi Larutan Penyangga dan korelasinya dengan Keterampilan proses sains peserta didik Kelas XI MIPA SMAN 5 Kota Jambi

Ernanda, Fajar Rahma and Sanova, Aulia and Rusdi, Muhammad (2020) Analisis Pelaksanaan Model Learning Cycle 5E Pada Materi Larutan Penyangga dan korelasinya dengan Keterampilan proses sains peserta didik Kelas XI MIPA SMAN 5 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan korelasinya dengan keterampilan proses sains peserta didik pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA SMAN 5 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model Triangulasi Konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 5. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E baik dari guru maupun dari peserta didik dan lembar observasi keterampilan proses sains peserta didik. Untuk melihat hubungan pelaksanaan model Learning Cycle 5E dengan keterampilan proses sains peserta didik dilakukan uji korelasi product moment dan analisis koefesien determinasi. Pelaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E oleh peserta didik sebesar 61.21% dengan kategori baik dan persentase keterampilan proses sains peserta didik sebesar 62.81% dengan kategori baik. Hubungan pelaksanaan model Learning Cycle 5E dengan keterampilan proses sains peserta didik diperoleh rxy=0.635 dengan tingkat hubungan kuat dan hasil uji determinasi diperoleh Kd= 40,39% dengan kontribusi sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E baik oleh guru maupun peserta didik telah berjalan dengan baik dan memiliki hubungan dengan keterampilan proses sains peserta didik pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: FAJAR RAHMA ERNANDA
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:43
Last Modified: 29 Jul 2020 01:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13144

Actions (login required)

View Item View Item