PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP KEPUASAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI (KELAS X DAN XI IPS SMA NEGERI 10 MERANGIN)

ARYANI, NELI (2020) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP KEPUASAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI (KELAS X DAN XI IPS SMA NEGERI 10 MERANGIN). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)

Abstract

ABSTRAK Aryani, Neli. 2020. Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru dan Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Kepuasan Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi (Kelas X dan XI IPS SMA Negeri 10 Merangin): Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas jambi, Pembimbing:(I) Dr. Rosmiati, S.Pd.,M.Pd. (II) Iwan Putra, S.E.,M.S.Ak Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Guru, Tingkat Pendidikan Orang Tua, Kepuasan Belajar Siswa Komunikasi interpersonal guru dan siswa sendiri mampu membentuk lingkungan dan suasana belajar yang baik serta bisa mendorong motivasi belajar siswa, yang merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran dan peningkatan mutu pelajaran. Pembelajaran yang efektif dikelas itu bergantung pada komunikasi yang efektif antara guru dan siswa. Sehingga kepuasan belajar merupakan sikap emosional yang bersifat menyenangkan yang dirasakan siswa setelah harapannya tercapai. Kepuasan belajar pada umumnya dilihat dari hasil atau prestasi belajar yang dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara: (1) kemampuan komunikasi guru terhadap kepuasan belajar siswa,(2) tingkat pendidikan orang tua terhadap kepuasan belajar siswa, (3) kemampuan komunikasi guru dan tingkat pendidikan orang tua terhadap kepuasan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 83 siswa kelas X dan XI IPS SMA Negeri 10 Merangin, pengujian analisis menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakanya itu analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan komunikasi guru terhadap kepuasan belajar siswa, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan tingkat pendidikan orang tua terhadap kepuasan belajar siswa,(3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kemampuan komunikasi guru dan tingkat pendidikan orang tua terhadap kepuasan belajar siswa sebesar 35%.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing:(I) Dr. Rosmiati, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing:(II) Iwan Putra, S.E.,M.S.Ak
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NELI ARYANI
Date Deposited: 29 Jul 2020 06:24
Last Modified: 29 Jul 2020 06:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13174

Actions (login required)

View Item View Item