Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 4 Kota Jambi tahun 2020

Alkhafidz, Akhib Muslim (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 4 Kota Jambi tahun 2020. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (56kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Alkhafidz, Akhib Muslim. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 4 Kota Jambi tahun 2020: Skripsi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. Suratno, M.Pd. (II) Dra. Reffnida, M.E. Kata Kunci: Problem Solving, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Hal ini disebabkan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensioanal sehingga siswa kurang berpastisipasi aktif dan siswa merasa bosan. Permasalahn ini berdampak pada hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 4 Kota Jambi tahun 2020. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain true eksperimental design, dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah kelas X IPS SMA Negeri 4 Kota Jambi dengan sampel kelas X IPS 3 dan kelas X IPS 5. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Negeri kota Jambi. Dapat diketahui niali Thitung = 5,82. Kriteria pengujian adalah dengan dk = N1 + N2 – 2 maka diketahui dk = 36 + 36 – 2 = 70 dan dapat dilihat pada tabel distribusi t dk = 70 dengan taraf signifikan 0,05 adalah 1,6669. Dengan demikian nilai Thitung>Ttabel berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: AKHIB MUSLIM ALKHAFIDZ
Date Deposited: 04 Aug 2020 07:44
Last Modified: 04 Aug 2020 07:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13199

Actions (login required)

View Item View Item