PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII H DAN VII I SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI

Hasibuan, Riska Maulita (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII H DAN VII I SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (103kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (441kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)

Abstract

Kata kunci : pengaruh, media gambar, cerita fantasi. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh media gambar pada pembelajaran menulis cerita fantasi, penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas VII H dan I SMP Negeri 8 Kota Jambi pada Februari 2020 hingga Maret 2020, dengan jumlah siswa masing-masing 28 siswa perkelas. Metode penelitian di penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi dan tes pada siswa. setelah data hasil tes terkumpul, data dianalisis secara kuantitatif menggunakan aplikasi SPSS 25. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi dalam pembelajran bahasa Indonesia siswa kelas VII H dan VII I SMP Negeri 8 Kota Jambi. Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan untuk mencari sendiri ide cerita yang akan mereka tulis dan kurangnya kaidah bahasa yang baik dan tepat karena ketidak mampuan yang siswa miliki. Siswa pada kelas eksperimen mendapatkan nilai 57,71 pada pretest dan 87,5 untuk postest yang mana menunjukkan bahwa terdapat kenaikan nilai yang signifikan. Berbanding terbalik dengan kelas kontrol yang mendapatkan nilai 56,43 untuk pretest dan 68,46 untuk postest yang mana terlihat tidak memiliki kenaikan nilai yang signifikan. Dari uji hipotesis atau uji t didapatkan nilai 9,937. Untuk t tabel mendapatkan 0,051. Sehingga T hit > T tabel, 9,937 > 0,051. dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha dalam penelitian ini diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan menulis teks cerita fantasi dengan media gambar. Peneliti sangat menyarankan bagi pengajar atau peneliti selanjutnya untuk menggunakan media gambar pada pembelajaran menulis teks cerita fantasi karena telah terbukti media gambar memiliki keunggulan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Diharapkan pula kepada peneliti selanjutnya dapat menggunakan media gambar pada pembelajaran materi yang lain, peneliti selanjutnya perlu memperhatikan aspek struktur cerita, kaidah kebahasaan dan ciri umum cerita fantasi. Penelitian ini telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis cerita fantasi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RISKA MAULITA HASIBUAN
Date Deposited: 07 Aug 2020 01:45
Last Modified: 07 Aug 2020 01:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13227

Actions (login required)

View Item View Item