PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI

Handayani, Utari (2020) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (101kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (13kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (89kB)

Abstract

Kata kunci: pendekatan saintifik, meningkatkan, proses belajar, hasil belajar, menulis teks eksplanasi. Penelitian ini mendeskripsikan pendekatan saintifik menggunakan gambar berseri untuk meningkatkan kualitas proses belajar dan hasil belajar kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 17 Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, pada setiap siklusnya pembelajaran dilaksanakan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Subjek penelitian adalah kemampuan menulis teks ekspalanasi siswa kelas VIII D SMP Negeri 17 Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020, dengan jumlah 36 siswa. Variabel yang diungkapkan dalam penelitian adalah proses belajar dan hasil belajar menulis teks eksplanasi dengan menggunakan Pendekatan Saintifik. Adapun tahapan pendekatan saintifik yang dilakukan saat pembelajaran dimulai dari tahap siswa mengamati media gambar berseri, kemudian dilanjutkan dengan tahap menanya, mengumpulkan data sesuai tema yang diberikan peneliti, selanjutnya tahap mengasosiasi yaitu peneliti menugaskan siswa menulis teks eksplanasi berdasar tema tiap siklusnya, dan terakhir tahap mengomunikasikan. Hasil dari penelitian ini nilai rata-rata pada prasiklus mencapai kurang dari batas KKM yang ditetapkan, yaitu 70. Nilai rata-rata prasiklus 59,77, siklus I pertemuan I mencapai 60,42, pertemuan II mencapai 64,94, dan masih kurang dari batas ketuntasan minimal yang ditentukan. Pada siklus II pertemuan ketiga meningkat mencapai 74,33 akan tetapi masih banyak siswa nilainya yang belum memenuhi KKM sehingga peneliti melakukan pertemuan keempat dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 84,39, sudah mencapai batas ketuntasan yang ditentukan. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 17 Kota Jambi. Disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan pengamatan proses pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siklus I telah mengalami peningkatan dibanding prasiklus akan tetapi nilai siswa belum mencapai KKM, untuk itu peneliti memperbaiki tindakan yang dilakukan pada siklus II yaitu dengan menugaskan siswa untuk mengerjakan tugas tersebut secara individu dan menampilkan media gambar berseri dengan menggunakan power point, sehingga siswa lebih mampu menalar dengan imajinasinya dan dapat meningkatkan proses belajar dan hasil belajar menulis teks eksplanasi siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: UTARI HANDAYANI
Date Deposited: 07 Aug 2020 01:45
Last Modified: 07 Aug 2020 01:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13228

Actions (login required)

View Item View Item