PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN SISWA BERDASARKAN GENDER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA KELAS VII SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI

I S S, RENNIKA (2020) PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN SISWA BERDASARKAN GENDER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA KELAS VII SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan tingkat kecemasan siswa berdasarkan gender terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket tes kecemasan dan soal pemahaman konsep matemtika yang data kecemasannya diperkuat dari hasil observasi siswa dan wawancara. Setelah data penelitian didapat akan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rata-rata pemahaman konsep matematika siswa berkecemasan rendah dan tinggi pada siswa lai-laki dan perempuan berbeda. Dimana skor rata-rata tertinggi sebesar 77,07 ada pada siswa laki-laki berkecemasan rendah, skor rata-rata 34,81 ada pada siswa laki-laki berkecemasan tinggi, skor rata-rata 76,17 ada pada siswa perempuan berkecemasan rendah, dan skor rata-rata 38,38 ada pada siswa perempuan berkecemasan tinggi.Hasil uji-t menunjukan Sig. 0,737 > 0,05 hal ini berarti tingkat kecemasan matematika siswa berbeda secara signifikan ditinjau dari aspek gender. Hasil uji Korelasi Pearson pada siswa laki-laki dan perempuan menunjukan hasil yang sama, yaitu terdapat hubungan negatif antara kecemasan terhadap pemahaman konsepnya. Hasil uji Korelasi Pearson pada siswa laki-laki dan perempuan menunjukan hasil yang sama, yaitu terdapat hubungan negatif antara kecemasan terhadap pemahaman konsepnya. Berdasarkan hasil uji Kolmogorov-Smirnov, pada siswa laki-laki berkecemasan rendah dengan siswa perempuan berkecemasan rendah hasilnya Sig. 1,000 > 0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan, siswa laki-laki berkecemasan rendah dengan siswa perempuan berkecemasan tinggi hasilnya Sig. 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikakan, siswa laki-laki berkecemasan tinggi dengan siswa perempuan berkecemasan rendah hasilnya Sig. 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikakan, dan siswa laki-laki berkecemasan tinggi dengan siswa perempuan berkecemasan tinggi hasilnya Sig. 0,847 > 0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kecemasan siswa berdasarkan gender terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa dengan tingkat kecemasan yang perbeda dan gender yang berbeda pula, sementara untuk siswa dengan tingkat kecemasan yang sama dengan gender yang berbeda perbedaannya tidak signifikan. Kata Kunci: Kecemasan, Gender, dan Pemahaman Konsep Matematika

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: RENNIKA I S S
Date Deposited: 07 Aug 2020 07:06
Last Modified: 07 Aug 2020 07:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13238

Actions (login required)

View Item View Item