MODEL PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI PROVINSI JAMBI

Dahmiri, Dahmiri (2018) MODEL PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI PROVINSI JAMBI. D3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
RINGKASAN DISERTASI DAHMIRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Provinsi Jambi Peneliti : Dahmiri Pembimbing : Prof. Dr. H. Amri Amir, S.E.,M.Si. Dr. Hj. Ade Octavia, S.E.,M.M. Dr. H. Junaidi, S.E.,M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa dengan citra merek sebagai variabel intervening pada Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi Jambi. Penelitian ini bersifat verifikatif, pada dasarnya ingin menguji kebenaran dari suatu hipotesis yang dilaksanakan melalui pengumpulan data di lapangan. dengan menggali pengaruh bauran pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap citra merek dan kepuasan mahasiswa. Unit analisis dalam penelitian ini adalah mahasiswa PTS di Provinsi Jambi. Data diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada 389 orang mahasiswa. Pengamatan menggunakan cakupan waktu (time horizon) bersifat cross section, artinya informasi atau data yang diperoleh adalah hasil penelitian yang dilakukan pada satu waktu tertentu yaitu pada tahun 2016. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini, digunakan analisis regresi linier berganda dan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil analisis menyimpulkan bahwa dari seluruh tanggapan responden terhadap variabel bauran pemasaran jasa, kualitas pelayanan, citra merek dan kepuasan mahasiswa, diperoleh angka rata-rata jawaban responden masuk dalam rentang skala baik. Variabel bauran pemasaran jasa, kualitas pelayanan dan citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pada perguruan tinggi swasta di Provinsi Jambi baik secara parsial maupun secara simultan.Variabel bauran pemasaran jasa dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa melalui variabel invervening citra merek. Variabel kualitas pelayanan merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan mahasiswa dibandingkan dengan variabel bauran pemasaran jasa dan citra merek. Model penelitian dengan menambahkan variabel citra merek sebagai kebaharuan dalam model penelitian ini menghasilkan temuan pengaruh yang lebih baik terhadap kepuasan mahasiswa dibandingkan dengan tanpa memasukkan variabel citra merek. Penambahan indikator kejujuran pada dimensi proses dalam variabel bauran pemasaran jasa sebagai kebaharuan dalam model penelitian ini menghasilkan temuan pengaruh yang lebih baik terhadap kepuasan mahasiswa. Kata Kunci : Bauran Pemasaran Jasa, Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Kepuasan Mahasiswa, Survey, Provinsi Jambi.

Type: Thesis (D3)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: DAHMIRI
Date Deposited: 20 Aug 2020 04:58
Last Modified: 16 Sep 2020 03:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13243

Actions (login required)

View Item View Item