Hubungan Pembelajaran Tuntas dan Kreativitas Belajar dengan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 7 Muaro Jambi

Nova Riza, Melati (2020) Hubungan Pembelajaran Tuntas dan Kreativitas Belajar dengan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. S1 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
COVER MEL (1).pdf

Download (546kB)
[img] Text
Untitled-1.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN (1).pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I (5).pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB V (4).pdf

Download (270kB)

Abstract

Nova Riza, Melati. 2020.Hubungan Pembelajaran Tuntas dan Kreativitas Belajar dengan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. Pembimbing I: Dr. Dra.Muazza, M.si. Pembimbing II: Ahmad Nasori, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Pembelajaran Tuntas, Kreativitas Belajar dan Kualitas Pembelajaran Latar Belakang dalam penelitian ini adalah ditemukannya masalah dalam proses pembelajaran dimana guru kurang terampil dalam menggunakan model dan media pembelajaran sehingga membuat para siswa bosan dalam belajar ini menjadi suatu permasalahan yang harus dicari jalan keluarnya, perilaku pembelajaran guru yang kurang memperhatikan karakteristik dari setiap masing-masing individu. Oleh karenanya dibutuhkan juga ketrampilan dalam mengajar, kreativitas belajar siswa yang perlu diasah dan didorong semangatnya dalam belajar supaya menunjukkan hasil belajar yang baik serta siswa secara keseluruhan telah tuntas memahami materi pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Muaro Jambi yang berjumlah 225 siswa. Jumlah sampel sebanyak 144 siswa yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Variabel dependen penelitian ini adalah Kualitas Pembelajaran (Y), sedangkan variabel independennya meliputi penguasaan Pembelajaran Tuntas (X1) dan Kreativitas Belajar(X2). Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar kepada siswa-siswi. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa Pembelajaran Tuntas siswa dalam kategori sedang yaitu sebesar 50,7, penguasaan Kreativitas Belajar dalam kategori sedang sebesar 63,9 dan, Kualitas Pembelajaran dalam kategori sedang sebesar 54,2. Secara parsial, pembelajaran tuntas berhubungan dengan kualitas pembelajaran (Fhitung 2,150 < Ftabel 3,06) dengan mean of square pada linearity sebesar 2144,466 dan deviasion linearity 58,750. Kemudian terdapat pula hubungan antara kreativitas belajar dengan kualitas pembelajaran (Fhitung 1,357 < Ftabel 3,06) dengan mean of square pada linearity sebesar 2813,194 dan deviation linearity sebesar 37,553. Kemudian secara simultan, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran tuntas dan kualitas pembelajaran ini ditunjukkan dengan (rhitung 0,559 > rtabel 0,137). Selanjutnya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas belajar dengan kualitas pembelajaran ini ditunjukkan dengan (rhitung 0,640 > rtabel 0,137). Selanjutnya, koefisien determinasi 43% kualitas pembelajaran ditentukan oleh pembelajaran tuntas dan kreativitas belajar. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan model memprediksi hubungan pembelajaran tuntas dan kreativitas belajar dengan kualitas pembelajaran sebesar 0,434 atau 43% sehingga sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MELATI NOVA RIZA
Date Deposited: 10 Aug 2020 02:22
Last Modified: 10 Aug 2020 02:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13254

Actions (login required)

View Item View Item