Pengaruh Pembelajaran Remedial dan Motivasi Siswa Terhadap Ketuntasan Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA NEGERI 13 Kota Jambi

Hamini, Yusra (2020) Pengaruh Pembelajaran Remedial dan Motivasi Siswa Terhadap Ketuntasan Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA NEGERI 13 Kota Jambi. S1 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Cover Yusra Upload.pdf

Download (28kB)
[img] Text
daftar isi yusra upload.pdf

Download (318kB)
[img] Text
a9f96c7e-941d-4f85-a73e-46a077dc5dd9.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB 1 Yusra Fix.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB 5 Yusra Fix.docx

Download (19kB)

Abstract

Hamini, Yusra. 2020. Pengaruh Pembelajaran Remedial dan Motivasi Siswa Terhadap Ketuntasan Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA NEGERI 13 Kota Jambi : Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. H. Arpizal, M.Pd., (II) Siti Syuhada, S.Pd.,M.E. Kata kunci: Pembelajaran Remedial, Motivasi Siswa, Ketuntasan Belajar Pembelajaran Remedial adalah suatu bentuk pembelajaran yang bersifat menyembuhkan, membetulkan atau pembelajaran yang membuat menjadi baik. Nilai siswa tidak semua mencapai ketuntasan atau standar yang ditentukan pihak sekolah sehingga remedial diterapkan dalam pembelajaran. Ketuntasan belajar yang diperoleh siswa berhubungan erat dengan nilai yang diperoleh selama menjalani proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara: (1) Pembelajaran Remedial terhadap Ketuntasan Belajar, (2) Motivasi Siswa Terhadap Ketuntasan Belajar, (3) Pembelajaran Remedial dan Motivasi Siswa terhadap Ketuntasan Belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 51 Siswa/siswi kelas IPS SMA Negeri 13 Kota Jambi. Pengujian analisis menggunakan uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan pembelajaran remedial terhadap ketuntasan belajar pada mata pelajaran ekonomi (2) terdapat pengaruh signifikan motivasi siswa terhadap ketuntasan belajar pada mata pelajaran ekonomi (3) terdapat pengaruh pembelajaran remedial dan motivasi siswa terhadap ketuntasan belajar pada mata pelajaran ekonomi. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 58,7%

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YUSRA HAMINI
Date Deposited: 10 Aug 2020 02:22
Last Modified: 10 Aug 2020 02:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13255

Actions (login required)

View Item View Item