CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA KE DALAM BAHASA MELAYU JAMBI, BAHASA JAWA, BAHASA MINANG YANG DIGUNAKAN GURU DENGAN SISWA DAN ANTAR SISWA DI SMP NEGERI 16 KOTA JAMBI.

Transawitri, Rusnia (2020) CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA KE DALAM BAHASA MELAYU JAMBI, BAHASA JAWA, BAHASA MINANG YANG DIGUNAKAN GURU DENGAN SISWA DAN ANTAR SISWA DI SMP NEGERI 16 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK-WPS Office.doc

Download (34kB)
[img] Text
cover bro.pdf

Download (327kB)
[img] Text
img005.pdf

Download (89kB)
[img] Text
dafis pdf.pdf

Download (264kB)
[img] Text
bab 1 pdf.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB V-WPS Office.pdf

Download (200kB)

Abstract

ABSTRAK Transawitri, Rusnia. 2020. Campur Kode Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Melayu Jambi, Bahasa Jawa, Bahasa Minang yang Digunakan Guru dengan Siswa dan Antar Siswa Di SMP Negeri 16 Kota Jambi: Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. R Imam Suwardi Wibowo, M.Pd (II) Drs. Aripudin, M.Hum. Kata kunci : Campur Kode, Bahasa, Kata, Frasa, Klausa. Tujuan penelitian yang akan dicapai yaitu mendeskripsikan bentuk-bentuk campur kode serta latar belakang timbulnya campur kode bahasa yang digunakan guru dengan siswa di smp negeri 16 Kota Jambi Kelurahan Beliung, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, Provinsi Jambi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung, menyimak dan merekam sedangkan keabsahan data diperoleh dari proses triangulasi dengan teknik triangulasi sumber dan teori Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa kata yang ditemukan oleh peneliti yaitu : Pada tataran kata ditemukan campur kode yang terbagi menjadi kategori kelas kata seperti nomina,verba, adverbial, adjektiva, numeralia, pronominal, frasa ensosentris, endosentris, apositif serta klausa. Timbulnya campur kode yang dilakukan guru dengan siswa dilatarbelakangi oleh keterbatasan penggunaan bahasa, lingkungan dan rasa ingin berbagi pengetahuan tentang bahasa yang dimiliki. Penulis memberikan saran kepada guru dan siswa sebagai penutur agar menggunakan bahasa sesuai dengan situasi, Selain itu disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk memperdalam penelitian tentang campur kode pada tataran kalimat maupun wacana sehingga dapat memberikan infomasi yang lebih dalam lagi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RUSNIA TRANSAWITRI
Date Deposited: 12 Aug 2020 02:31
Last Modified: 12 Aug 2020 02:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13264

Actions (login required)

View Item View Item