Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Menanamkan Nilai-nilai Entrepreunership Materi Program Linear Pada Siswa SMA

Anggraeni, Gustina (2020) Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Menanamkan Nilai-nilai Entrepreunership Materi Program Linear Pada Siswa SMA. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1-5 GABUNGAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Anggraeni, Gustina. 2020. Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Menanamkan Nilai-nilai Entrepreunership Materi Program Linear pada Siswa SMA: Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Sri Winarni, S.Pd., M.Pd., (II) Marlina, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Problem Based Learning, Nilai Entrerepreunership, Program Linear, Model Four-D Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika berbasis Problem Based Learning terintegrasi nilai-nilai entrepreunership pada materi program linear yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk belajar secara mandiri dan menanamkan nilai-nilai entrepreunership sebagai landasan karakter diri peserta didik. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIS 2 SMA Negeri 9 Kota Jambi pada Februari 2020. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Four-D yang terdiri atas tahapan define, design, development, dan disseminate. Modul hasil rancangan awal di validasi oleh ahli desain dan ahli materi yang kemudian direvisi. Kemudian diujicobakan dan dinilai kepraktisannya oleh guru dan peserta didik. Setelah direvisi kembali, selanjutnya diuji cobakan pada kelas XI MIS 2 yang berjumlah 36 orang siswa untuk dinilai keefektifannya. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi dan ahli desain, angket kepraktisan modul oleh pendidik dan peserta didik, lembar observasi aktivitas pendidik dan peserta didik, dan angket penilaian keefektifan modul dalam menanamkan nilai-nilai entrepreunership. Hasil penelitian dan pengembangan adalah: 1) penelitian dan pengembangan menghasilkan produk bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning yang terintegrasi nilai-nilai entrepreunership pada materi program linear. 2) hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 80% dengan kriteria “valid” dan persentase penilaian ahli desain sebesar 85,83% dengan kriteria “valid”; 3) memperoleh nilai kepraktisan oleh guru sebesar 94,48% dengan kriteria “sangat praktis” dan penilaian kepraktisan oleh siswa sebesar 88,53% dengan kriteria praktis; 4) kriteria keefektifan modul dari hasil belajar tidak diperoleh kesimpulan dikarenakan materi telah dipelajari oleh subjek penelitian. Sedangkan keefektifan modul dalam menanamkan nilai-nilai entrepreunership diperoleh persentase sebesar 87,49% dengan kriteria “efektif”. Berdasarkan hasil tersebut, bahan ajar berupa modul matematika berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan memenuhi kualitas bahan ajar yaitu valid (validity), praktis (practicality), dan efektif (effectiveness). Maka modul pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Gustina Anggraeni
Date Deposited: 19 Aug 2020 03:19
Last Modified: 19 Aug 2020 03:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13267

Actions (login required)

View Item View Item