Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Tipe Steadiness dalam Menyelesaikan Soal Segitiga dan Segiempat di SMP Negeri 5 Kota Jambi

Manihuruk, Elsa Adela (2020) Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Tipe Steadiness dalam Menyelesaikan Soal Segitiga dan Segiempat di SMP Negeri 5 Kota Jambi. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (520kB)
[img] Text
DAFTAR ISI,TABEL,GAMBAR, DAN LAMPIRAN.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa tipe Steadiness dalam menyelesaikan soal pada materi segitiga dan segiempat. Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dapat dilihat berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu kemampuan tata bahasa, kemampuan memahami wacana, kemampuan sosiolinguistik, dan kemampuan strategis. Untuk menganalisis keempat indikator kemampuan komunikasi matematis ini dapat dilakukan dengan cara siswa menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 5 Kota Jambi yang mempunyai kepribadian tipe steadiness. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes profil DISC, tes soal kemampuan komunikasi matematis pada materi segitiga dan segiempat, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa tipe Steadiness dalam menyelesaikan soal matematika yaitu untuk SS1, SS2, SS3, dan SS4 belum mampu memenuhi 100% semua indikator dari kemampuan komunikasi matematis, hal ini tentu disebabkan oleh kepribadian yang dimiliki subjek yaitu suka plinplan menyelesaikan soal tersebut, kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga lambatdalam mengambil keputusan, ragu dalam memberikan jawaban sehingga dalam mengerjakan soal banyak yang salah akibat ketidakpercayaaan dirinya. Untuk itu guru hendaknya membiasakan siswa terlatih dalam menyelesaikan soal-soal dengan menerapkan prosedur matematika yang tepat dan membimbing siswa sesuai dengan tipe kepribadaian Steadiness guna menunjang kemampuan komunikasi matematis siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ELSA ADELA MANIHURUK
Date Deposited: 13 Aug 2020 07:12
Last Modified: 13 Aug 2020 07:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13283

Actions (login required)

View Item View Item