PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS IKLAN BARIS SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI.

hijrin, Lidzi (2020) PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS IKLAN BARIS SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
COVER 1.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI FIX.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (161kB)

Abstract

ABSTRAK Hijrin, Lidzi. 2020. Penerapan Metode Inkuiri dalam Pembelajaran Menulis Iklan Baris Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 7 Muaro Jambi 2019/2020 : Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Imam Suwardi W, M. Pd., (II) Drs. Agus Setyonegoro, M. Pd. Kata kunci: Penerapan Metode Inkuiri, Menulis Iklan Baris. Penelitian ini bertujuan intik (1) Mendeskripsikan bagaimana pola penerapan metode inkkuiri dalam pembelajaran menulis ikan baris, dan (2) Mendeskripsikan bagaimana penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran menulis iklan baris siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Metode penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari hasil observasi dalam proses pembelajaran menullis iklan baris, wawancara guru dan siswa, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Selain itu, data tambahan diperoleh dari hasil Pre-Test dan Post-Test dalam pembelajaran menulis iklan baris. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam metode inkuiri terdiri dari enam tahap yaitu: orientasi masalah, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, tahap pengumpulan data, menguji hipotesis, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran menulis iklan baris siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Muaro Jambi menunjukkan peningkatan yang signifikan pada nilai siswa sebelum dan setelah penerapan metode inkuiri. Nilai menulis iklan baris siswa sebelum penerapan metode inkuiri yaitu hasil pre-test dengan nilai rata-rata 60,66 dengan kategori sangat baik 1 orang atau 3,23 persen, kategori baik 11 orang atau 35,48 persen, kategori cukup 2 orang atau 6,45 persen, kategori kurang 10 orang atau 32,26 persen, kategori sangat kurang 7 orang atau 22,58 persen. Nilai menulis iklan baris siswa setelah penerapan metode inkuri yaitu hasil post-test dengan rata-rata nilai kelompok 80.89 yaitu 9 orang atau 29,03 persen siswa memiliki kategori nilai sangat baik dan 22 orang atau 70, 97 persen dengan kategori baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa setelah penerapan metode inkuiri kemampuan siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Muaro Jambi dalam menyajikan gagasan, pesan dan ajakan dalam bentuk iklan baris secara lisan dan tulisan mengalami peningkatan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: LIDZI HIJRIN
Date Deposited: 14 Aug 2020 02:19
Last Modified: 14 Aug 2020 02:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13289

Actions (login required)

View Item View Item