Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Sangat Baik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA Level 3 di Kelas VIII SMP N 22 Kota Jambi

Adelia, Rika (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Sangat Baik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA Level 3 di Kelas VIII SMP N 22 Kota Jambi. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (176kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis sangat baik dalam menyelesaikan soal matematika model PISA level 3 di kelas VIII SMP N 22 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-F SMP N 22 Kota Jambi yang berjumlah 28 siswa. Dari 28 siswa yang mengikuti tes dipilih empat siswa dengan kategori sangat baik tingkat kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Kategori tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis tersebut ditentukan berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa lembar soal PISA level 3. Hasil dalam penelitian ini bahwa siswa berkategori sangat baik pada indikator mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, yang ditanyakan, dan kecukupan unsur yang diperlukan mampu sebesar 100%, pada indikator merumuskan masalah matematika mampu sebesar 100%, dan pada indikator menjelaskan hasil permasalahan menggunakan matematika mampu sebesar 75%. Hasil menunjukkan siswa berkategori sangat baik belum mampu menyelesaikan soal matematika model PISA level 3 dengan benar dimana strategi yang digunakan siswa belum sepenuhnya memecahkan permasalahan pada soal. Dengan demikian upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar matematika terlebih dalam kemampuan pemecahan masalah matematis, maka diperlukan lebih banyak latihan mengerjakan soal-soal pemecahan masalah, pemilihan metode belajar yang tepat, setra memotivasi siswa mengenai manfaat dalam memecahkan soal-soal pemecahan masalah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: RIKA ADELIA
Date Deposited: 19 Aug 2020 03:49
Last Modified: 19 Aug 2020 03:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13292

Actions (login required)

View Item View Item