Analisis Keterlaksanaan Model Problem Based Learning (PBL) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Kelas X MIA MAN Model Jambi

Nopita Sari, Lilis Analisis Keterlaksanaan Model Problem Based Learning (PBL) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Kelas X MIA MAN Model Jambi. Analisis Keterlaksanaan Model Problem Based Learning (PBL) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Kelas X MIA MAN Model Jambi. (Submitted)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH new.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model Problem Based Learning (PBL) dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas X MIA MAN Model Jambi.Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Shot Case Study yaitu melakukan pengamatan terhadap guru dan siswa pada tiap pertemuan.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple purposive sampling karena didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan tertentu didalam pengambilan sampelnya dan penentuan sampel dengan tujuan tertentu diperolehdi kelas Al-Ghazali X MIA 3 sebagai kelas eksperimen. Instrument penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model Problem Based Learning (PBL) oleh guru maupun siswa serta lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa.Keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) oleh guru dikategorikan sangat baik dengan rata-rata persentase 87,96% dan siswa 84,59%, serta kemampuan berpikir kritis siswa sebesar79%dengan kategori baik. Hasil uji regresi linear menggunakan product moment diperoleh r=0,723 dengan tingkat hubungan pada kategori kuat, nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan.Selanjutnya dilakukan uji t dengan diperoleh thitung>ttabel (10,152 > 2,032) dan nilai signifikansi (Sig.) 0,00 < 0,05. Dengan demikiandapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterlaksanaan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas X MIA MAN Model Jambi. Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL) Berpikir Kritis dan Elektrolit dan Nonelektrolit.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: LILIS NOPITA SARI
Date Deposited: 19 Jul 2017 02:46
Last Modified: 19 Jul 2017 02:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1332

Actions (login required)

View Item View Item