Penerapan Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Produktif (KIP) Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X IPS SMA NEGERI 2 Kota Jambi

Seftiawan, Rizky (2020) Penerapan Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Produktif (KIP) Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X IPS SMA NEGERI 2 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVERR.pdf

Download (64kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHANN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK Seftiawan, M. Rizky 2020. “Penerapan Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Produktif (KIP) Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X IPS SMA NEGERI 2 Kota Jambi ”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Ibu Dr.Dra. Muazza, M.Si, dan Pembimbing : (II) Ibu Siti Syuhada, S.Pd, M.E Kata kunci : Penerapan Pembelajaran Kreatif, Inovatif. Produktif(KIP), Pembelajaraan Kooperatif, Aktivitas Belajar Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya kreatifitas, inovasi, dan produktifitas pada peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan menunjukkan bahwa 50% dari 40 orang peserta didik belum menunjukkan aktivitas yang saling berinteraksi antar peserta didik lainnya dan 40% dari peserta didik juga belum menunjukkanm aktivitas menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik secara terbuka. Sehingga diperlukan Model pembelajaran yang Kooperatif dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan Untuk menerapkan pembelajaraan yang kreatif, inovatif dan produktif melalui model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan aktivitas peserta didik pada mata pelajaran ekonomi . Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Kota Jambi yang terdaftar pada semester genap tahun 2019/2020. Sumber data dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X ips 4 dalam penelitian ini , peneliti melakukan pengambilan data dengan lembar siswa sebagai bahan pengolahan data dengan 3 siklus yakni pra tindakan siklus 1 dan siklus 2 . Hasil penelitian ini menggunakan pembelajaran kreatif, inovatif, produktif(KIP) melalui model pembelajaran cooperative script dapat meningkatakan aktivitas pembelajaran peserta didik dengan kategori sangat tinggi yakni mencapai 87,50% dengan kompetensi guru menggunakan pembelajaran cooperative script 87,76% . Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kreatif, inovatif, produktif(KIP) melalui model pembelajaran Kooperatif dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: M Rizky Seftiawan
Date Deposited: 20 Aug 2020 04:48
Last Modified: 20 Aug 2020 04:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13325

Actions (login required)

View Item View Item