Saltiani, Yulia and Harizon, Harizon and Dewi, Fatria (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN RESEARCH SKILL DEVELOPMENT (RSD) DIMENSI ANALYSE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI IPA 2 MA LABORATORIUM KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (27kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (293kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (310kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (183kB) |
Abstract
Pembelajaran dalam ilmu kimia seringkali membutuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, salah satunya adalah keterampilan berpikir kreatif. Pembelajaran dengan model Discovery Learning menuntut peserta didik untuk menemukan hal baru. Proses untuk menemukan hal baru diperlukan kreatifitas, sehingga dengan model Discovery Learning dan sintaks yang ada di dalamnya dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model Discovery Learning ini, maka peneliti juga menggunakan pendekatan Research Skill Development (RSD). Research Skill Development ini terdiri dari enam dimensi. Pada penelitian ini ditekankan pada dimensi Analyse, dimana pada dimensi ini siswa akan dilatih untuk dapat menganalisis suatu permasalahan untuk dapat diproses secara lanjut dan akan menghasilkan produk baru berupa argument ataupun pertanyaan, dan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model Discovery Learning dengan menggunakan pendekatan RSD dimensi analyse pada amateri Hidrolisis Garam di kelas XI IPA 2 MA Laboratorium Kota Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 komponen, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di kelas XI IPA 2 MA Laboratorium Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian pada penerapan model Discovery Learning dengan menggunakan pendekatan RSD dimensi Analyse untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa terlihat pada persentase kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat pada siklus I ke II dan siklus II ke III, yaitu sebesar 20,8% dan 10,6%. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning dengan menggunakan pendekatan RSD dimensi Analyse pada proses pembelajaran di kelas dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | YULIA SALTIANI |
Date Deposited: | 20 Aug 2020 04:47 |
Last Modified: | 20 Aug 2020 04:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13329 |
Actions (login required)
View Item |