Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Penyangga dan Korelasinya dengan Keterampilan Proses Sains Siswa di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi

Jesika, Inggi (2020) Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Penyangga dan Korelasinya dengan Keterampilan Proses Sains Siswa di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
cover.pdf

Download (110kB)
[img] Text
ha;aman pengeshan.pdf

Download (141kB)
[img] Text
3. daftar2.pdf

Download (163kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (164kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (88kB)

Abstract

Pembelajaran pada kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik melibatkan keterampilan yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Keterampilan-keterampilan yang ada pada pendekatan saintifik tersebut merupakan komponen dari keterampilan proses sains. Sehingga untuk mencapai suatu proses keberhasilan pembelajaran pada kurikulum 2013 ini, perlu dikembangkan keterampilan proses sains. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan keterampilan proses sains dalam pembelajaran adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan korelasinya dengan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan penyangga di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan jenis model Triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 3. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran baik dari guru maupun siswa, lembar observasi keterampilan proses sains siswa dan soal tes esai keterampilan proses sains siswa. Untuk melihat korelasi pelaksanaan model dengan keterampilan proses sains siswa dilakukan uji korelasi product moment. Persentase pelaksanaan model pembelajaran Inkuiri terbimbing oleh siswa adalah 69,35% dengan kategori baik dan persentase keterampilan proses sains siswa adalah 69,26% dengan kategori baik. Korelasi pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan keterampilan proses sains siswa diperoleh rxy = 0,74 dengan tingkat hubungan kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berjalan dengan baik dan terdapat korelasi antara pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA 3 SMA Islam Al-Falah Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: INGGI JESIKA
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:56
Last Modified: 24 Aug 2020 02:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13330

Actions (login required)

View Item View Item