Analisis Model Think Talk Write (TTW) dengan Pendekatan Research Skill Development (RSD) pada Materi Larutan Penyangga dan Pengaruhnya untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas XI MIPA SMAN 3 Kota Jambi

Nurazlina, Nurazlina and Zurweni, Zurweni and Sanova, Aulia (2020) Analisis Model Think Talk Write (TTW) dengan Pendekatan Research Skill Development (RSD) pada Materi Larutan Penyangga dan Pengaruhnya untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas XI MIPA SMAN 3 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER UPLOAD.pdf

Download (193kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN UPLOAD.pdf

Download (353kB)
[img] Text
DAFTAR ISI UPLOAD.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB I UPLOAD.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB V UPLOAD.pdf

Download (296kB)

Abstract

Pada era Revolusi Industri 4.0 saat ini menuntut para generasi milenial untuk memiliki kompetensi 4C, yaitu (1) Communicatin (2) Collaborative (3) Critical thingking and Problem solving (4) Creativity and Innovation. Kemampuan komunikasi merupakan salah satu komponen penting yang harus dikembangkan bagi peserta didik untuk memenuhi tuntutan pembelajaran di abad 21 ini. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan komunikasi siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan dibantu pendekatan Research Skill Development (RSD). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Think Talk Write (TTW) dengan pendekatan RSD pada materi larutan penyangga dan peluangnya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa di kelas XI MIPA SMAN 3 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) . Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 1. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar penilaian aktivitas guru, lembar penilaian komunikasi lisan siswa pada ranah afektif dan psikomotor, tes essai kemampuan komunikasi tulisan siswa dan kuesioner siswa dan kuesioner guru mata pelajaran kimia. Persentase kemampuan komunikasi lisan siswa pada ranah afektif sebesar 60,76% dengan kategori cukup baik dan persentase kemampuan komunikasi lisan siswa pada ranah psikomotor sebesar 63,09% dengan kategori cukup baik serta kemampuan komunikasi tulisan siswa sebesar 93,75%. Diperoleh nilai akhir sebesar 77,95% dengan kategori tuntas KKM. Pengaruh penggunaan model TTW dengan pendekatan RSD terhadap kemampuan komunikasi siswa diperoleh thitung sebesar -54, 13dan ttabel sebesar -2,03. Karena -2,03 > -54,13 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model Think Talk Write (TTW) dengan pendekatan RSD berjalan dengan cukup baik dan berpengaruh signifikan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA 1 SMAN 3 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: NURAZLINA
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:26
Last Modified: 24 Aug 2020 03:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13351

Actions (login required)

View Item View Item