PENGEMBANGAN POSTER KESEHATAN REPRODUKSI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MENGGUNAKAN CANVA PADA USIA REMAJA SEKOLAH DI SMA

Asmira, Yuli (2020) PENGEMBANGAN POSTER KESEHATAN REPRODUKSI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MENGGUNAKAN CANVA PADA USIA REMAJA SEKOLAH DI SMA. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
Cover YULI ASMIRA.pdf

Download (102kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (174kB)

Abstract

Pengembangan media poster berbasis karakter pada materi kesehatan reproduksi bertujuan untuk mengetahui kelayakan poster, persepsi guru dan remaja sekolah terhadap poster, dan mengetahui efektivitas poster dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan informasi tentang kesehatan reproduksi sangat penting diketahui oleh remaja. Bebasnya akses internet sehingga menyebabkan hal-hal yang bersifat pornografi dapat menjadi salah satu alasan terjadinya penyimpangan seksual. Berdasarkan observasi di SMAN 8 Kota Jambi yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa Buku paket yang digunakan kurang membantu membahas tentang kesehatan reproduksi, Penyuluhan tentang kesehatan reproduksi sudah lama tidak dilakukan, Poster kesehatan reproduksi belum ada disekolah. hal tersebut yang melatar belakangi peneliti mengembangkan poster sebagai media parantara mengenai kesehatan reproduksi pada usia remaja. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE analisis (Analysis) terdiri dari analisis kebutuhan dan analisis materi, Desain (Design) terdiri atas rancangan awal dan penyusunan instrumen, Pengembangan (Development) terdiri atas validasi ahli, persepsi guru dan persepsi remaja sekolah, Implementasi (Implementation) terdiri atas uji coba produk dengan desain one group pretest-posttest, dan Evaluasi (Evaluation) terdiri atas saran-saran dari validator, guru dan subjek uji coba. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Kota Jambi. Poster kesehatan reproduksi divalidasi oleh ahli materi dan media. Hasil validasi akhir dari tim ahli terhadap poster kesehatan reproduksi telah layak diujicobakan. Validasi akhir dari ahli materi didapatkan hasil persentase 93.3% dengan kategori “sangat baik”. Validasi akhir dari ahli media didapatkan hasil persentase 87.5% dengan kategori “sangat baik”. Hasil persepsi guru Biologi terhadap poster didapatkan persentase 83.3% dengan kategori “sangat baik”. Hasil persepsi dari uji coba kelompok kecil terhadap poster didapatkan persentase 81.4% dengan kategori “sangat baik” dan persepsi dari uji coba kelompok besar terhadap poster didapatkan persentase 87.3% termasuk dalam kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan N-Gain diketahui poster dalam pembelajaran efektif dalam menyampaikan informasi tentang kesehatan reproduksi pada usia remaja sekolah. Kesimpulan hasil dari pengembangan poster kesehatan reproduksi berbasis pendidikan karakter layak digunakan sebagai media pembelajaran dari segi materi dan media sehingga efektif digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: YULI ASMIRA
Date Deposited: 25 Aug 2020 01:39
Last Modified: 25 Aug 2020 01:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13355

Actions (login required)

View Item View Item