PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PTERIDOPHYTA (TUMBUHAN PAKU) UNTUK SISWA KELAS X SMA

monica9, febby (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PTERIDOPHYTA (TUMBUHAN PAKU) UNTUK SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR ISI(1).pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Monica, Febby. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga untuk Memotivasi Belajar Siswa pada Materi Pteridophyta (tumbuhan paku) untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Upik Yelianti, M.S., (2) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si. Kata Kunci: permainan ular tangga, Pteridophyta (tumbuhan paku), motivasi Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran permainan ular tangga untuk memotivasi siswa dalam belajar pada materi Pteridophyta (tumbuhan paku) untuk siswa kelas X SMA di SMAN 11 Kota Jambi dan mengetahui motivasi belajar siswa dengan menggunakan media ular tangga serta mengetahui respon guru dan siswa terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMAN 11 Kota Jambi pada bulan Februari-Maret 2020. Sebelum diimplementasikan media ke sekolah, media tersebut divalidasi terlebih dahulu oleh ahli validasi materi dan media. setelah itu di ujicobakan pada kelompok kecil dan kelompok besar. Media yang dikembangkan juga mendapatkan penilaian dari guru. Sebagai respon siswa terhadap media dengan melihat motivasi yang terjadi maka dilakukan penilaian dengan cara pengisisan angket sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pengembangan media tersebut divalidasi dahulu oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan ular tangga yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Pteridophyta (tumbuhan paku) untuk siswa kelas X SMA di SMAN 11 Kota Jambi. Hal ini terlihat bahwa pada penilaian media oleh guru mendapatkan skor 98 dengan persentase 93,33% yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. Pada uji coba kelompok kecil dengan 6 orang siswa memperoleh skor 552 dengan persentase 87,61% dengan kategori sangat baik, ujicoba kelompok besar dengan 24 orang siswa memperoleh skor 2186 dengan persentase 86,74 termasuk ke dalam kategori sangat baik. Untuk melihat efektivitas media terhadap motivasi yang terjadi maka dilakukan pengisian angket motivasi, yang menyatakan bahwa pada kelas eksperimen (menggunakan media) efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Sedangkan untuk kelas kontrol (tidak menggunakan media) kurang efektif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa media pembelajaran permainan ular tangga dapat digunakan sebagai media alternatif untuk memotivasi siswa dalam belajar. Karena berdasarkan hasil penelitian siswa lebih cendrung menyukai pembelajaran sambil bermain karena siswa merasa tidak bosan dan semangat untuk belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Febby Monica
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:48
Last Modified: 25 Aug 2020 02:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13359

Actions (login required)

View Item View Item