PENGEMBANGAN MAJALAH ELEKTRONIK MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL SEBAGAI MEDIA PEMAHAMAN KONSEP MATERI BRYOPHYTA (TUMBUHAN LUMUT) PADA KELAS X SMA

Fatdilah, Addina (2020) PENGEMBANGAN MAJALAH ELEKTRONIK MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL SEBAGAI MEDIA PEMAHAMAN KONSEP MATERI BRYOPHYTA (TUMBUHAN LUMUT) PADA KELAS X SMA. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER Addina Fatdilah.pdf

Download (190kB)
[img] Text
CamScanner 08-24-2020 20.31.49.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR ISI Addina Fatdilah.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I Addina Fatdilah.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB V Addina Fatdilah.pdf

Download (290kB)

Abstract

ABSTRAK Fatdilah, Addina. 2020. Pengembangan Majalah Elektronik Menggunakan 3D Pageflip Professional Sebagai Media Pemahaman Konsep Materi Bryophyta (tumbuhan lumut) pada Siswa kelas X SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Upik Yelianti M.S., (2) Dr. Dra. Evita Anggereini M.Si Kata Kunci: majalah elektronik, bryophyta (tumbuhan lumut), pemahaman konsep Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan majalah elektronik sebagai media pemahaman konsep materi Bryophyta (tumbuhan lumut) pada siswa kelas X SMA dan mengetahui respon guru dan siswa terhadap media yang dikembangkan dan pemahaman siswa terhadap materi Bryophyta (tumbuhan lumut) setelah media diterapkan. Penelitian ini dilakukan di SMA N 11 Kota Jambi pada bulan Februari – Maret 2020. Data penelitian diperoleh dari angket validasi ahli materi dan ahli media, angket penilaian guru terhadap media, angket uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar sebagai penilaian respon siswa terhadap media dan penilaian dengan menggunakan pre-test dan post-test pada kelas kontrol dan eksperimen untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan media pada saat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa majalah elektronik yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Bryophyta (tumbuhan lumut) pada kelas X di SMA N 11 Kota Jambi. Hal ini dapat terlihat berdasarkan pada hasil validasi ahli materi dengan persentase 75% dengan kategori baik dan ahli media 93,75% yang termasuk kedalam kategori sangat baik, angket penilaian guru mendapatkan persentase 97,91% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil sebanyak 6 orang dengan skor 285 dengan persentase 98,95% termasuk kedalam kategori sangat baik, uji coba kelompok besar pada 24 orang siswa memperoleh skor 1091 dengan pesentase 94,70% dengan kategori sangat baik. Untuk melihat pemahaman siswa, maka dilakukan pre-test dan post-test dengan menggunakan kelas kontrol dan eksperimen yang diambil secara acak dengan jumlah 24 orang siswa perkelas. Berdasarkan pada hasil yang didapatkan diketahui bahwa nilai pre-test dan post-test siswa pada kelas eksperimen menggunakan media tambahan berupa majalah eketronik lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pre-test dan post-test siswa pada kelas kontrol yang dilakukan secara konvensional yaitu 89,17 berbanding 77,50. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa majalah elektronik menggunakan 3D pageflip professional dapat digunakan sebagai media alternatif pemahaman konsep dalam menyampaikan materi kepada siswa. Karena berdasarkan hasil penelitian siswa cenderung lebih menyukai pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran terbaru yang lebih berwarna dan menarik sehingga mampu memudahkan siswa dalam memahami materi tersebut.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ADDINA FATDILAH
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:49
Last Modified: 25 Aug 2020 02:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13360

Actions (login required)

View Item View Item