ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN KORELASINYA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

LISYANTI, DINA (2020) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN KORELASINYA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (37kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (450kB)
[img] Text
DAFTAR IS1 bae.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang dianggap mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Team Assisted Individualization. Unsur dalam model pembelajaran Team Assisted Individualization yang diperkirakan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah saat siswa mengidentifikasi dan menganalisis informasi untuk memecahkan masalah dengan saling bertukar pendapat dalam diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIA SMAN 6 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIA 3. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan model team assisted individualization baik dari guru maupun dari siswa dan tes essay kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat hubungan penggunaan model team assisted individualization dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji korelasi product moment dan analisis koefisien determinasi. Persentase penggunaan model team assisted individualization oleh siswa sebesar 66,81% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 66,67% dengan kategori baik. Hubungan penggunaan model pembelajaran team assisted individualization dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh rxy=0,6454 dengan tingkat hubungan kuat. Hasil uji koefisien determinasi penggunaan model pembelajaran team assisted individualization dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh Kd= 41,65% dengan tingkat pengaruh sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran team assisted individualization dikategorikan baik dan terdapat korelasi dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIA 3 SMAN 6 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: DINA LISYANTI
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:28
Last Modified: 26 Aug 2020 02:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13365

Actions (login required)

View Item View Item