NANDA PUTRI, DEWANI (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POSTER BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA TEMA 3 SUBTEMA 1 DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (44kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (15kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
Abstract
ABSTRAK Nanda, D.P. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Poster Berbasis Project Based Learning Pada Tema 3 Subtema 1 Di Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi Pembimbing I Drs. Arsil, M.Pd dan Pembimbing II Ahmad Hariandi, S.Pd.I, M.Ag. Kata kunci : Bahan Ajar Poster, Project Based Learning. Bahan Ajar merupakan alat bantu yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran, guna mempermudah siswa memahami materi pelajaran. Media sangat penting digunakan karena anak usia sekolah dasar berada pada tahap operasional konkrit. Berdasarkan analisis yang dilakukan di SD Iqra Yayasan Tuah Sakato Muara Bulian, hasil belajar pada pembelajaran di kelas IV masih rendah dibawah KKM. Pembelajaran yang disampaikan guru hanya berpedoman pada buku dan terbatasnya media pembelajaran. Didasarkan pada analisis tersebut, sehingga sangat penting dilakukan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa bahan ajar poster yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Iqra Yayasan Tuah Sakato Muara Bulian. Hasil penelitian menunjukkan uji kevalidan media termasuk kategori valid dari ahli media dengan skor rata-rata 4,6 maka produk ini termasuk dalam kriteria “sangat baik”, dan validasi dari ahli materi diperoleh skor rata-rata 4,1 maka produk ini termasuk dalam kriteria “baik”. Tingkat kepraktisan bahan ajar poster memperoleh skor rata-rata 5 dari angket guru dengan kategori sangat praktis dan skor rata-rata 4,5 dari angket respon siswa dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar poster berbasis project based learning berada pada kategori penilaian valid, sangat praktis dan efektif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing I Drs. Arsil, M.Pd Pembimbing II Ahmad Hariandi, S.Pd.I, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar Poster, Project Based Learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DEWANI NANDA PUTRI |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 03:12 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 03:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13380 |
Actions (login required)
View Item |