Maulidya, Bella and Anderson, Irzal and Usmanto, Heri (2020) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENCEGAH KENAKALAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
Abstract
Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mencegah kenakalan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jambi. (2) Hambatan-hambatan apa dan cara mengatasi hambatan tersebut yang dilakukan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mencegah kenakalan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mencegah kenakalan pesera didik kelas VIII smp Negeri 5 Kota Jambi. (2) Mengetahui hambatan-hambatan dan cara mengatasi hambatan tersebut yang dilakukan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mencegah kenakalan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kota Jambi yang beralamat di Jl. Prof Dr. Moh.Yamin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mencegah kenakalan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jambi, dilakukan melalui peran sebagai pembimbing, peran sebagai agen moral, peran sebagai model dan peran sebagai komunikator dalam kegiatan belajar mengajar sangat diperlukan, selain melaksanakan tugas mengajar, melatih, yang esensial adalah mendidik tingkahlaku, membina metal dan memberi bimbingan peserta didik agar tidak melanggar peraturan di sekolah dan untuk mengarahkan perkembangan psikologisnya.Usaha pencegahan timbulnya kenakalan peserta didik secara umum dengan: mengetahui kesulitan-kesulitan dan penyebab secara umum dialami oleh peserta didik dan usaha pembinaan peserta didik. Sedangkan usaha pencegahan timbulnya kenakalan peserta didik secara khusus dengan pemberian bimbingan berupa: penyesuaian diri dan orientasi diri.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | BELLA MAULIDYA |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 03:07 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 03:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |