PENGARUH MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMAN 9 KOTA JAMBI

Lisnawati, Lisnawati (2020) PENGARUH MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMAN 9 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (96kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK LISNAWATI, 2020, Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Perilaku Prokrastinasi Belajar Pada Siswa Kelas X SMAN 9 Kota Jambi Dosen Pembimbing I: Drs. Asradi, M.M Dosen Pembimbing II: Freddi Sarman, S.Pd., M.Pd Masalah perilaku prokrastinasi adalah masalah utama yang sering ditemui di dalam sekolah. Masalah ini muncul karena seringnya menunda-nunda suatu pekerjaan sekolah yang mengakibatkan siswa telat mengumpulkan tugas dan tugas sekolah menjadi terbengkalai, masalah ini juga akan berdampak buruk dengan prestasi belajar di sekolah. Berdasarkan observasi serta wawancara terhadap siswa tersebut ditemukan bahwa masih banyak yang menunda-nunda atau melakukan perilaku prokrastinasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh manajemen waktu terhadap perilaku prokrastinasi belajar pada siswa kelas X SMAN 9 Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 9 Kota Jambi sebanyak 131 siswa diambil menggunakan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian expost-facto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan metode regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan manajemen waktu terhadap perilaku prokrastinasi belajar dengan tingkat penafsiran rendah tapi pasti dengan nilai koefisien korelasi 0,336, dan koefisien determinasi 0,113 koefisien determinasi yang yang telah dikorelasi yaitu sebesar 0,106 dan koefisien ini yang digunakan dalam memberikan makna bahwa manajemen waktu memberikan kontribusi terhadap perilaku prokrastinasi belajar sebesar 10,6% (0,106 x 100%) sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dengan adanya temuan bahwa manajemen waktu mempengaruhi perilaku prokrastinasi belajar, maka hal tersebut dapat di jadikan pertimbangan dalam melaksanakan program bimbingan dan konseling dalam mengurangi perilaku prokrastinasi. Guru pembimbing dapat memberikan layanan informasi, layanan penguasaan konten dengan tema yang berkaitan dengan tips mengalahkan kebiasaan menunda-nunda, cara mengatasi siswa yang prokrastinasi, layanan konseling individu, layanan konseling kelompok dan layanan bimbingan kelompok pada siswa yang berhubungan dengan perilaku prokrastinasi belajar. Kata Kunci : Manajemen Waktu, Perilaku Prokrastinasi Belajar

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Dosen Pembimbing I: Drs. Asradi, M.M Dosen Pembimbing II: Freddi Sarman, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Waktu, Perilaku Prokrastinasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LISNAWATI
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:10
Last Modified: 26 Aug 2020 03:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13383

Actions (login required)

View Item View Item