ANALISIS RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN) NANAS DI DESA TANGKIT BARU KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI

SIMANJUNTAK, FITRIANI and WAHYUNI, IRA and YANITA, MIRAWATI (2020) ANALISIS RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN) NANAS DI DESA TANGKIT BARU KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.docx

Download (21kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.doc

Download (25kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Fitriani Simanjuntak, Analisis Rantai Pasok (Supply Chain) Nanas di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Dibimbing oleh Ibu Dr. Ir. Ira Wahyuni, M.P dan Ibu Dr. Mirawati Yanita, S.P, M.M ABSTRAK Nanas merupakan salah satu komoditas hortikultura buah-buahan yang banyak diusahakan petani di Desa Tangkit Baru. Harga komoditas nanas di Desa Tangkit baru cenderung berfluktuatif sehingga dibutuhkan pengelolaan manajemen rantai pasok agar lebih efisien. Penelitian ini bertujuan : (1) Menggambarkan kondisi rantai pasok nanas di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. (2) Menganalisis kinerja rantai pasok nanas di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil analisis berdasarkan kerangka FSCN menunjukkan bahwa, (1)Sistem pemasaran nanas di Desa Tangkit Baru belum menerapkan pengelolaan rantai pasok yang modern dilihat dari kerangka FSCN yaitu pemilihan mitra, kesepakatan kontraktual, sistem transaksi, dukungan kebijakan pemerintah dan sumberdaya rantai pasok. Rantai pasok belum memiliki sasaran yang jelas, proses bisnis belum terintegrasi, manajemen tidak diterapkan dalam rantai pasok. (2) Pengukuran kinerja rantai pasok nanas di Desa Tangkit Baru menunjukkan hasil yang cukup baik. Seluruh lembaga pemasaran menjalankan fungsi-fungsi pemasaran dengan cukup baik. Selain itu farmer’s share pada masing-masing cukup besar sehingga cukup menguntungkan bagi petani. Saluran pemasaran yang memiliki sebaran total margin terkecil, farmer share terbesar yaitu sebesar 100 persen dan total rasio keuntungan terhadap biaya yang besar yaitu sebesar 32,2 persen terdapat pada saluran pemasaran 5, sehingga saluran 5 merupakan saluran pemasaran yang paling efisien Kata kunci : Nanas, FSCN, Rantai pasok, dan Efisiensi Pemasaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: FITRIANI SIMANJUNTAK
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:25
Last Modified: 27 Aug 2020 02:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13390

Actions (login required)

View Item View Item