Strategi Guru Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Arab Siswa Kelas VIII Di MTs Mahdaliyah Kota Jambi

Suryanti, Suryanti (2020) Strategi Guru Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Arab Siswa Kelas VIII Di MTs Mahdaliyah Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVERR.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (585kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (328kB)

Abstract

Suryanti, Nim I1A216005, Strategi Guru Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Arab Siswa Kelas VIII Di MTs Mahdaliyah Kota Jambi, Skripsi, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan membaca teks Arab siswa kelas VIII di MTs Mahdaliyah Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah strategi guru bahasa Arab kelas VIII di MTs Mahdaliyah Kota Jambi. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga cara, yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk kesulitan siswa dalam membaca teks Arab adalah kesulitan dalam penyebutan makharijul huruf dengan benar, masih lambat dalam membaca karna ketika mereka membaca masih huruf per huruf dan masih sering salah dalam penyebutan huruf yang hampir sama bentuknya. Strategi guru bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan membaca teks Arab kelas VIII di MTs Mahdaliyah Kota Jambi adalah menggunakan strategi Qira’ah Jahriyyah (reading aloud), Al muhadir fil mu’asiri (Tutor Sebaya) dan La’but (Permainan). Kendala guru dalam menerapkan strategi adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, perbedaan karakter peserta didik dan kurangnya minat belajar peserta didik. Dari berbagai strategi yang telah digunakan oleh guru bahasa Arab tersebut, siswa kelas VIII di MTs Mahdaliyah Kota Jambi sudah mulai memiliki kemampuan membaca yang lebih baik dari pada sebelumnya, walaupun dengan terbata-bata. Kesimpulan tersebut peneliti tarik dari data-data hasil penelitian yang menunjukan bahwa untuk mengatasi siswa yang mengalami kesulitan membaca teks Arab di kelas VIII MTs Mahdaliyah dengan menggunakan strategi-strategi tersebut berjalan dengan baik. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Membaca, Bahasa Arab

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: SURYANTI
Date Deposited: 28 Aug 2020 02:16
Last Modified: 28 Aug 2020 02:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13421

Actions (login required)

View Item View Item