PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK KONTEKSTUAL PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA SMA KELAS X MIPA

Kalvadema, Rocky PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK KONTEKSTUAL PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA SMA KELAS X MIPA. Biospesies. ISSN 1979-0902

[img]
Preview
Text
RSA1C412017-ARTIKEL.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Kontekstual merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan mempertimbangkan situasi, tempat, waktu, dan lingkungan pembelajaran dengan memanfaatkan aspek-aspek yang terkait dengan kehidupan nyata pada topik yang sedang dibahas dalam sebuah proses belajar. Proses belajar terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Untuk mewujudkan hal ini salah satu jalan alternatifnya adalah dengan pemanfaatan buku pembelajaran yang dapat dibaca dimana dan kapan saja. Komik merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat dibaca dimana dan kapan saja. Dalam berbagai hal, komik dapat diterapkan sebagai media untuk menyampaikan pesan dalam berbagai ilmu pengetahuan, dikemas dengan penampilan yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik kontekstual pada materi virus, mengetahui kelayakan media komik yang dikembangkan, dan mengetahui guru dan siswa terhadap media pembelajaran komik kontekstual pada materi virus. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengambilan data dilakukan kepada guru Biologi kelas X dan kelompok kecil siswa di SMA N 1 Kota Jambi. Siswa yang dijadikan sebagai subjek ujicoba sebanyak 12 orang siswa. Instrumen penelitian berupa angket tertutup. Angket ini berupa rating scale (skala bertingkat) dengan 4 kategori penilaian. Berdasarkan data hasil penelitian yang dikumpulkan, peneliti melakukan analisis data kuantitatif yang kemudian ditafsirkan dalam pengertian kualitatif. Hasil validasi oleh ahli desain media memperoleh persentase akhir 93,75% dalam kategori sangat baik dan validasi oleh ahli materi memperoleh persentase akhir 90% dalam kategori sangat baik. Persentase pada respon guru yaitu 87,50% dalam kategori sangat baik dan persentase ujicoba kelompok kecil kepada 12 orang siswa MIPA yaitu 90,41% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis data kuantitatif dan kualitatif dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berupa komik kontekstual pada materi virus untuk siswa SMA kelas X MIPA termasuk dalam kategori sangat baik dari aspek konten tampilan media dan fungsi media.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ROCKY KALVADEMA
Date Deposited: 17 Jul 2017 06:38
Last Modified: 17 Jul 2017 06:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1343

Actions (login required)

View Item View Item