Kalvadema, Rocky (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK KONTEKSTUAL PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA SMA KELAS X MIPA. S1 thesis, University of Jambi.
|
Text
01.COVER.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
02.COVER DALAM.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
03.PERSETUJUAN PEMBIMBING DEKAN.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
04.PERNYATAAN, ABSTRAK, & KATA PENGANTAR.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
05.DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, & LAMPIRAN.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
06.BAB I.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
07.BAB II.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
08.BAB III.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
09.BAB IV.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
10.BAB V.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
11.DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN 1 - SILABUS.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN 2 - LEMBAR OBSERVASI GURU.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN 3 - LEMBAR OBSERVASI SISWA.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN 4 - LEMBAR VALIDASI AHLI DESAIN MEDIA.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN 5 - 22.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Kontekstual merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan mempertimbangkan situasi, tempat, waktu, dan lingkungan pembelajaran dengan memanfaatkan aspek-aspek yang terkait dengan kehidupan nyata pada topik yang sedang dibahas dalam sebuah proses belajar. Proses belajar terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Untuk mewujudkan hal ini salah satu jalan alternatifnya adalah dengan pemanfaatan buku pembelajaran yang dapat dibaca dimana dan kapan saja. Komik merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat dibaca dimana dan kapan saja. Dalam berbagai hal, komik dapat diterapkan sebagai media untuk menyampaikan pesan dalam berbagai ilmu pengetahuan, dikemas dengan penampilan yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik kontekstual pada materi virus, mengetahui kelayakan media komik yang dikembangkan, dan mengetahui guru dan siswa terhadap media pembelajaran komik kontekstual pada materi virus. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengambilan data dilakukan kepada guru Biologi kelas X dan kelompok kecil siswa di SMA N 1 Kota Jambi. Siswa yang dijadikan sebagai subjek ujicoba sebanyak 12 orang siswa. Instrumen penelitian berupa angket tertutup. Angket ini berupa rating scale (skala bertingkat) dengan 4 kategori penilaian. Berdasarkan data hasil penelitian yang dikumpulkan, peneliti melakukan analisis data kuantitatif yang kemudian ditafsirkan dalam pengertian kualitatif. Hasil validasi oleh ahli desain media memperoleh persentase akhir 93,75% dalam kategori sangat baik dan validasi oleh ahli materi memperoleh persentase akhir 90% dalam kategori sangat baik. Persentase pada respon guru yaitu 87,50% dalam kategori sangat baik dan persentase ujicoba kelompok kecil kepada 12 orang siswa MIPA yaitu 90,41% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis data kuantitatif dan kualitatif dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berupa komik kontekstual pada materi virus untuk siswa SMA kelas X MIPA termasuk dalam kategori sangat baik dari aspek konten tampilan media dan fungsi media.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ROCKY KALVADEMA |
Date Deposited: | 17 Jul 2017 06:38 |
Last Modified: | 17 Jul 2017 06:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1345 |
Actions (login required)
View Item |