Ilham, Muhammad (2020) PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN PANTUN DI KELAS VII SMPN 14 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (266kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (146kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran Pantun di Kelas VII SMPN 14 Kota Jambi, memahami problematika guru dalam melaksanakan pembelajaran Pantun di Kelas VII SMPN 14 Kota Jambi, dan mengetahui upaya apa saja yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan dalam melaksanakan pembelajaran Pantun di Kelas VII SMPN 14 Kota Jambi Pendekatan yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia di kelas VII SMPN 14 Kota Jambi yang terdiri dari 1 orang guru bahasa Indonesia sebagai informan kunci. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) Teknik pokok dalam penelitian ini adalah observasi langsung, teknik observasi ini digunakan untuk mendapatkan data pokok tentang problematika guru dalam pembelajaran pantun di kelas VII SMPN 14 Kota Jambi, (2) Teknik penunjang dalam wawancara ini adalah wawancara, studi pustaka, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) guru kesulitan dalam meyakinkan siswa untuk menentukan topik/tema yang akan ditulis, 2) guru merasa sulit dalam menuangkan ide atau gagasan pada siswa, 3) guru merasa terganggu dengan kondisi kelas yang tidak memungkinkan. Problematika ini diketahui peneliti ketika melihat dokumentasi yang berkaitan dengan penilaian dan berdasrkan wawancara dari guru. Pada dasarnya penilaian adalah suatu proses metodologi yang tersusun rapi untuk mengumpulkan beberapa keterangan dan menafsirkan bukti-bukti guna melahirkan suatu keputusan yang berhubungan dengan para murid atau program pendidikan. Hal itu akan menunjukkan kinerja pengajaran dan pengambilan beberapa langkah yang sesuai untuk proses pendidikan selanjutnya. Disimpulkan bahwa masih terdapat problematika guru dalam pembelajaran pantun di kelas VII SMPN 14 Kota Jambi. Disarankan agar guru bahasa Indonesia lebih meningkatkan pembelajaran mengenai pantun dengan memperhatikan media pembelajaran, agar siswa tidak gampang bosan dan lebih kreatif, Kepada siswa disarankan untuk lebih melatih diri lagi dalam pembelajaran pantun karena masih terdapat siswa yang kuran efektif pada saat pembelajaran pantun berlangsung.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | MUHAMMAD ILHAM |
Date Deposited: | 31 Aug 2020 03:39 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 03:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13463 |
Actions (login required)
View Item |