Noviari, Yelisa (2020) PENGARUH PENGUASAAN SOFT SKILL DAN PENGALAMAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, fkip.
Text
COVER.pdf Download (23kB) |
|
Text
HALAMAN PEngesahan.pdf Download (268kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (173kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (295kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (151kB) |
Abstract
Noviari, Yelisa. 2020. Pengaruh Penguasaan Soft Skill dan Pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PKL) Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. Pembimbing I: Dr. Dra. Farida Kohar, M.P. Pembimbing II: Siti Syuhada, S.Pd., M.E. Kata Kunci: Kesiapan Kerja, Penguasaan Soft Skill, Pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PKL) Sekolah Menengah Kejuruan merupakan sekolah yang mempersiapkan tenaga kerja terampil yang siap pakai dan siap kerja. Tenaga yang terampil terdapat di SMK di Indonesia dengan mempersiapkan siswa siswinya. Berdasarkan data penelusuran tamatan di SMK Negeri 1 Kota Jambi khususnya jurusan Tata Niaga selama dalam dua tahun terakhir diketahui bahwa pada terjadi peningkatan jumlah lulusan siswa dan siswa yang bekerja, namun masih di dominasi oleh siswa yang belum bekerja. Berdasarkan hasil wawancara, dapat diketahui bahwa kesiapan kerja siswa masih cukup rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan soft skill dan pengalaman praktik kerja lapangan (PKL) terhadap kesiapan kerja siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Tata Niaga SMK Negeri 1 Kota Jambi sebanyak 140 siswa. Jumlah sampel sebanyak 104 siswa yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Variabel dependen penelitian ini adalah kesiapan kerja (Y), sedangkan variabel independennya meliputi penguasaan soft skill (X1) dan pengalaman praktik kerja lapangan (PKL) (X2). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji persyaratan analisis. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa kesiapan kerja siswa dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 56,18, penguasaan soft skill dalam kategori sangat rendah sebesar 51,68 dan, pengalaman praktik kerja lapangan (PKL) dalam kategori sangat rendah sebesar 51,65. Secara parsial, penguasaan soft skill berpengaruh terhadap kesiapan kerja (thitung 3,262 > ttabel 1,983) dan pengalaman praktik kerja lapangan (PKL) berpengaruh terhadap kesiapan kerja (thitung 5,055 > ttabel 1,983). Kemudian, secara simultan penguasaan soft skill dan pengalaman praktik kerja lapangan (PKL) mempengaruhi kesiapan kerja sebesar (Fhitung 27,446 > Ftabel 3,09). Selanjutnya, koefisien determinasi 35,2% kesiapan kerja ditentukan oleh penguasaan soft skill dan pengalaman praktik kerja lapangan melalui persamaan regresi Y = 24,674 + 0,233 X1 + 0,383 X2 sedangkan sisanya (100% - 35,2% = 64,8%) merupakan kontribusi dari faktor-faktor lain. Simpulan dari penelitian ini yaitu bahwa secara parsial maupun simultan bahwa penguasaan soft skill dan pengalaman praktik kerja lapangan (PKL) berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian Tata Niaga SMK Negeri 1 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | Yelisa Noviari |
Date Deposited: | 31 Aug 2020 03:38 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 03:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13465 |
Actions (login required)
View Item |