Ningsih, Rani and Dr. Drs. Soedarto Harjono,M.Pd., Hary and Dr.Drs. Kusmana, M.Hum., Ade (2020) TELAAH BUKU TEKS BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013 TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN EDISI REVISI TAHUN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (176kB) |
|
Text
DAFTAR IS1.pdf Download (88kB) |
|
Text
BAB-1.pdf Download (572kB) |
|
Text
BAB-5.pdf Download (432kB) |
Abstract
ABSTRAK Ningsih, Rani Hestia. 2020. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa Smp Kelas Vii Kurikulum 2013 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi Tahun 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dr. Drs. Hary Soedarto Harjono,M.Pd., (2) Dr.Drs. Ade Kusmana, M.Hum. Kata Kunci :Kesesuaian Materi, Buku Teks Bahasa Indonesia, KD dan Kurikulum 2013 Buku adalah salah satu unsur yang menunjang keberhasilan kegiatan pembelajaran. Selain itu, buku juga memberikan fasilitas keberhasilan belajar seorang peserta didik atau keberhasilan mengajar seorang guru. Buku merupakan sarana yang dibutuhkan peserta didik untuk membantu dalam proses kegiatan pembelajaran. Melalui kegiatan membaca buku siswa menjadi tahu akan berbagai hal yang sebelumnya mereka belum ketahui. Adanya persyaratan agar buku Bahasa Indonesia Kelas VII SMP bisa efektif dan efesien dalam penggunaannya dan sesuai dengan KI dan KD yang ditentukan oleh pemerintah dalam kurikulum 2013, hal ini yang menjadi latar belakang masalah penulis dalam mengambil judul “Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi Tahun 2016/2017”. Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana kesesuaian materi dalam buku teks Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi Tahun 2016/2017 dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Adapun jenis dan pendekatan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dan pendekatan penelitian kualitatif. Data dan sumber data dalam penelitian ini diambil dari buku ajar siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP 2013 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi Tahun 2016/2017. Kemudian instrumen penelitiaan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan teknik studi pustaka. Berdasarkan hasil dari analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa dari kesesuaian materi ajar pada Buku Teks pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi Tahun 2016/2017 telah sesuai dengan Kompetensi Dasar yang ada pada Kurikulum 2013 dengan persentase 91.2 % kategori sesuai, 8.8 % kategori kurang sesuai, dan 0 % kategori tidak sesuai.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | RANI HESTIA NINGSIH |
Date Deposited: | 31 Aug 2020 03:37 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 03:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13488 |
Actions (login required)
View Item |