DESAIN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN MAPLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL

Husna, Nabila Hayatul and Syafmen, Wardi and Winarni, Sri (2020) DESAIN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN MAPLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (169kB)
[img] Text
20200827033518.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (151kB)
[img] Text
ilovepdf_merged (17).pdf

Download (472kB)
[img] Text
ilovepdf_merged (18).pdf

Download (313kB)

Abstract

ABSTRAK Nabila H H. 2020. Desain E-Modul Berbasis Problem Based Learning dengan Berbantuan Maple untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi SPLTV: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Wardi Syafmen, M.Si., (II) Sri Winarni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: E-Modul, Problem Based Learning, Maple, Minat Belajar, SPLTV. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul berbasis PBL dengan berbantuan maple untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi SPLTV serta mendeskripsikan kualitas e-modul yang di desain berdasarkan 3 kriteria kelayakan yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan FourD yang meliputi define, design, developmen, and disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi dengan subjek berjumlah 25 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi instrumen, lembar validasi desain, lembar validasi materi, lembar validasi praktisi, angket minat belajar, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwae-modul yang di desain mengalami beberapa kali revisi berdasarkan saran serta komentar yang diperoleh dari masing-masing validator (validator desain, validator materi, validator instrumen), hasil yang diperoleh dari evaluasi e-modul yang didesain memiliki kualitas yang baik dikarenakan memenuhi 3 kriteria kelayakan yaitu valid, praktis, dan efektif. E-modul memenuhi kriteria kelayakan dari segi kevalidan dengan jumlah persentase yaitu 96% dengan kategori “sangat valid”, kriteria kelayakan dari segi kepraktisan dengan jumlah persentase yaitu 88% dengan kategori “praktis” dan kriteria kelayakan dari segi keefektifan menunjukkan bahwa e-modul yang di desain memenuhi kategori “efektif” yang ditandai dengan hasil tes minat belajar dan tes hasil belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NABILA HAYATUL HUSNA
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:03
Last Modified: 02 Sep 2020 02:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13489

Actions (login required)

View Item View Item