Persepsi Mahasiswa Tentang Kecemasan Bahasa Arab pada Mata Kuliah Muhadatsah (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi Tahun Akademik 2019)

Nadira, Mixchelia (2020) Persepsi Mahasiswa Tentang Kecemasan Bahasa Arab pada Mata Kuliah Muhadatsah (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi Tahun Akademik 2019). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER_SKRIPSI[1].pdf

Download (256kB)
[img] Text
Lembar_Pengesahan[1].pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR_ISI[1].pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I[1].pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB_V[1].pdf

Download (1MB)

Abstract

Mixchelia Nadira, NIM I1A216014, Persepsi Mahasiswa Tentang Kecemasan Bahasa Arab pada Mata Kuliah Muhadatsah (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi Tahun Akademik 2019), Skripsi, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran persepsi mahasiswa tentang kecemasan bahasa Arab pada situasi pembelajaran muhadatsah. Adapun jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif dan menerapkan strategi penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi PBA tahun akademik 2019 angkatan tahun ke-7 dan pada tahun 2020 mereka berada di semester 2, serta Dosen pengampu mata kuliah muhadatsah tahun akademik 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam dengan informan, di mana dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah 20 mahasiswa program studi PBA tahun akademik 2019 pada angkatan tahun ke-7. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa program studi PBA tersebut memiliki persepsi yang bermacam-macam tentang kecemasan bahasa Arab pada mata kuliah muhadatsah, sebagian besar mahasiswa memberikan persepsi negatif terhadap kecemasan bahasa Arab, namun sebagian yang lain juga memberikan persepsi yang menunjukkan bahwa mereka sama sekali tidak terpengaruh oleh kecemasan bahasa Arab pada mata kuliah muhadatsah. Melihat dari persepsi mahasiswa program studi PBA tersebut diketahui bahwa indikator kecemasan bahasa Arab yang mereka rasakan menyangkut ketakutan komunikasi yang terjadi hanya pada saat situasi pembelajaran mata kuliah muhadatsah, itu berarti bahwa kecemasan bahasa yang mereka rasakan termasuk dalam kecemasan situasional. Selain itu, temuan lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa alasan kecemasan mahasiswa program studi PBA tarsebut pada mata kuliah muhadatsah, meliputi: (1) kesulitan linguistik: kurangnya kosakata, tata bahasa dan struktur kalimat; dan (2) tantangan kognitif: takut melakukan kesalahan, kurang percaya diri. Adapun cara mahasiswa program studi PBA tersebut mengatasi kecemasan pada mata kuliah muhadatsah penulis analisis dan kelompokkan menjadi tiga bagian, di antaranya: (1) desensitisasi sistematis: menumbuhkan pola pikir positif (mindset); (2) modifikasi kognitif: peran pengajar (dosen); dan (3) pelatihan keterampilan: berlatih berbahasa Arab, belajar sebelum perkuliahan. Kata Kunci: persepsi, kecemasan bahasa Arab, mata kuliah muhadatsah, mahasiswa program studi PBA tahun akademik 2019 angkatan tahun ke-7.

Type: Thesis (S1)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: MIXCHELIA NADIRA
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:04
Last Modified: 02 Sep 2020 02:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13499

Actions (login required)

View Item View Item