Kasih, Indah and Malik, Affan and Zurweni, Zurweni (2020) Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Online Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Koloid di Kelas XI MIPA SMAN 5 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (16kB) |
|
Text
scan pengesahan.pdf Download (376kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (185kB) |
|
Text
DAFTAR IS1.pdf Download (305kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi koloid di kelas XI MIPA SMAN 5 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis Triangulasi Konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 1. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar penilaian aktivitas guru, lembar penilaian berpikir kreatif siswa pada ranah afektif dan psikomotor serta tes essay kemampuan berpikir kreatif siswa. Untuk melihat pengaruh penggunaan model GI terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan uji paired sample t-tes. Persentase kemampuan berpikir kreatif siswa pada ranah afektif sebesar 65,50% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kreatif siswa pada ranah psikomotor sebesar 60,06% dengan kategori baik serta kemampuan berpikir kreatif siswa pada ranah kognitif sebesar 74,23% dengan kategori baik. Pengaruh penggunaan model GI terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh thitung sebesar -25,4 dan ttabel sebesar 2,045. Karena -2,045 > -25,07 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model Group Investigation (GI) berjalan dengan baik dan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi koloid di kelas XI MIPA 1 SMAN 5 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | INDAH KASIH |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 02:05 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 02:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13500 |
Actions (login required)
View Item |