Desiyanti, Munika (2020) Pengembangan e-Modul Interaktif Berbasis Mind Map Pada Materi Termokimia Untuk Siswa SMA Kelas XI. S1 thesis, UNJA.
Text
COVER.pdf Download (140kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (136kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (349kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (351kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (118kB) |
Abstract
Kimia membahas sistem yang cukup kompleks, mulai dari atom, molekul, serta senyawanya sehingga memerlukam bahan ajar yang tepat untuk menarik perhatian siswa. Modul merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis dan dapat menyajikan materi secara runtut dengan kemajuan teknologi, bahan ajar dapat dikembangkan ke bentuk elektronik. Penyajian materi dalam e-Modul dilengkapi dengan Mind Map, animasi, video, teks dan link dengan menggunakan PowerPoint. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-Modul Interaktif berbasis Mind Map untuk siswa SMA dan mengetahui tanggapan guru serta respon mahasiswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. e-Modul Interaktif berbasis Mind Map ini memudahkan siswa untuk menemukan konsep pembelajaran kimia. Desain pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model penggembangan Hannafin & Peck terdiri dari tiga proses utama yaitu tahap penilaian kebutuhan, desain serta pengembangan dan implementasi dimana disetiap tahap melibatkan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media dan materi selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil yakni sepuluh orang mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Jambi angkatan 2019. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah bahan e-Modul Interaktif berbasis Mind Map yang telah melalui tahap validasi media, materi, dan penilaian guru masing-masing diperoleh jumlah skor jawaban sebesar 54 (sangat baik); 60 (sangat baik); dan 66 (sangat baik) selanjutnya persentase skor respon siswa diperoleh sebesar 86,16% (sangat baik). Berdasarkan Hasil pengembangan melalui validasi oleh ahli diperoleh hasil bahwa e-Modul dinyatakan layak untuk diujicobakan dan hasil penilaian guru serta respon siswa secara keseluruhan menyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Munika Desiyanti |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 04:15 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 04:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13519 |
Actions (login required)
View Item |