Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Menggunakan Pendekatan CEP Materi Larutan Penyangga dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa

Khasanah, Ayu Nur and Asrial, Asrial and Ernawati, M Dwi Wiwik (2020) Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Menggunakan Pendekatan CEP Materi Larutan Penyangga dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Daftar Isi docx.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi .pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (47kB)

Abstract

ABSTRAK Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk aktif dan inovatif pada proses pembelajaran. Satu di antara model pembelajaran yang dapat membantu siswa aktif dan inovatif adalah model Project Based Learning (PjBL) dengan ditambahkan pendekatan Chemoenterpreneurship (CEP) untuk membangun semangat kompetensi kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan Chemoenterpreneurship (CEP) pada materi larutan penyangga; (2) pengaruh dari pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan Chemoenterpreneurship (CEP) terhadap hasil belajar siswadi SMA1 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan merupakan deskripsi korelasional. metode yang digunakan adalah quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian One Shot Case Study. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI IPA 2.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan undian. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan model, lembar penilaian afektif, lembar penialaian psikomotor dan lembar tes berbentuk essai untuk mengukur hasil belajar ranah kognitif. Hubungan yang akan dicari dari pelaksanaan model dan hasil belajar siswa digunakan rumus korelasi product moment dari pearson yang selanjutnya dicari nilai koefsien determinasinya. Pelaksanaan model Project BasedLearning oleh guru dan siswa dikategorikan baik, yang ditunjukan dengan peningkatan hasil pelaksanaan model pembelajaran oleh siswa disetiap pertemuan. Pada pertemuan pertama sebesar 67.32% dengan kategori baik, pada pertemuan kedua sebesar 68.06% dengan kategori baik dan pada pertemuan ketiga sebesar 70.51% dengan kategori baik sehingga didapat rata-ratanya sebesar 68.63% dengankategoribaik. Nilai rxyuntuk hasil belajar sebesar 0.57 dengan nilai determinasi sebesar 32,49%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran Project Based LearningdenganCEPdikategorikan baikdan berpengaruh rendah pada hasil belajar. Kata Kunci :Model Project Based Learning,Pendekatan Chemoenterpreneurship (CEP), Larutan Penyangga, Hasil Belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: AYU NUR KHASANAH
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:07
Last Modified: 02 Sep 2020 02:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13523

Actions (login required)

View Item View Item