Hanifah, Annisa (2020) PENGEMBANGAN VIRTUAL e-BALL AND STICK MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI GEOMETRI MOLEKUL UNTUK KELAS X MIPA SMA. S1 thesis, Universitas Jmbi.
Text
COVER.pdf Download (160kB) |
|
Text
lembar pengesahan-converted.pdf Download (79kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (246kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (321kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (248kB) |
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan. Aspek yang ikut menjadi dampak perkembangan teknologi yaitu pendidikan salah satunya materi kimia. Materi kimia yang diajarkan di sekolah seperti materi geometri molekul merupakan materi yang diajarkan pada siswa kelas X Semester Ganjil. Materi kimia yang bersifat abstrak dan kompleks akan lebih baik jika disampaikan menggunakan sebuah media. Dimana pembelajaran menggunakan media akan membangkitkan motivasi, minat dan pemahaman siswa tentang konsep-konsep kimia dengan cara menyajikan data secara menarik dan terpecaya. Tujuan dari pengembangan ini adalah mengembangkan multimedia virtual e-ball and stick pada materi geometri molekul dan untuk mengetahui penilaian guru serta respon mahasiswa terhadap multimedia virtual e-ball and stick yang dikembangkan untuk kelas X MIPA SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development), desain pengembangan pada penelitian ini menggunakan model penggembangan ADDIE dengan metode design thingking. Produk dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) serta analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Berdasarkan proses validasi ahli materi dan ahli media produk virtual e- ball and stick pada materi geometri molekul dikategorikan sebagai multimedia yang layak untuk di ujicobakan. Berdasarkan hasil penilaian guru multimedia virtual e- ball and stick yang dikembangkan memperoleh nilai “sangat baik”. Hasil respon siswa didapatan kriteria “Sangat Baik” terhadap produk yang dikembangkan. Berdasarkan Hasil pengembangan melalui validasi oleh ahli diperoleh hasil bahwa virtual e- ball and stick dinyatakan layak untuk diujicobakan dan hasil penilaian guru serta respon mahasiswa secara keseluruhan menyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ANNISA HANIFAH |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 03:11 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 03:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13525 |
Actions (login required)
View Item |