HARUN PASIR PENCIPTA TARI NGAGAH IMAU SEBAGAI TARI DAERAH KERINCI: STUDI KOREOGRAFI

ANISA UTAMI, PUTRI (2020) HARUN PASIR PENCIPTA TARI NGAGAH IMAU SEBAGAI TARI DAERAH KERINCI: STUDI KOREOGRAFI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
PDF COVER.pdf

Download (205kB)
[img] Text
PDF PENGESAHAN.pdf

Download (288kB)
[img] Text
PDF DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)

Abstract

Harun Pasir lahir di Desa Koto Dia 05 Mei 1941 saat ini berusia 80 tahun dijuluki sebagai seorang seniman alam, ia juga menjelaskan bahwa dalam mewujudkan ide koreografi yaitu ide menata, menggarap, dan mengubah gerak sehingga menjadi sebuah bentuk sajian karya tari, ia berimajinasi dengan alam yang artinya setiap gerak pada tari yang diciptakannya selalu terinspirasi dari alam dan dari kegiatan masyarakat setempat. Pada Tari Ngagah Imau ia menjelaskan bahwa, bentuk gerak tersebut berupa peniruan dari gerak-gerak binatang seperti menirukan gerak-gerak harimau seperti gerak menyerang, gerak menyeru, gerak jatuh telungkup, ditambah dengan gerak selamat datang dan gerak sumpah. Harun Pasir juga menjelaskan bagian pada Tari Ngagah Imau, pada bagian pertama ia menginterpretasikan Ritual Ngagah Imau dan juga menambahkan beberapa cerita rakyat Negeri Pulau Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ialah para informan yang telah memberikan banyak informasi tentang Tari Ngagah Imau. Sumber data didapat langsung dari narasumber berupa hasil wawancara, catatan pribadi, rekaman dan foto tentang Tari Ngagah Imau yang dilakukan oleh narasumber, sumber tertulis dari luar penelitian berupa, buku, karya ilmiah, tesis dan jurnal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harun Pasir merupakan seniman tari yang dijuluki sebagai seniman alam, ia berimajinasi dengan alam yang artinya setiap gerak pada tari yang diciptakannya selalu terinspirasi dari alam dan dari kegiatan masyarakat setempat. Kata Kunci : Harun Pasir, Ide Koreografi, Ide Penciptaan, Tari Ngagah Imau, Ritual Ngagah Imau, Negeri Pulau Tengah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AS Academies and learned societies (General)

H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Seni Drama Tari dan Musik
Depositing User: PUTRI ANISA UTAMI
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:16
Last Modified: 07 Sep 2020 02:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13540

Actions (login required)

View Item View Item