ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN JENIS MASALAH DECISION MAKING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ASAM DAN BASA DI SMAN 1 KOTA JAMBI

Eka Putri, Melda ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN JENIS MASALAH DECISION MAKING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ASAM DAN BASA DI SMAN 1 KOTA JAMBI. Jurnal Pendidikan Kimia.

[img]
Preview
Text
A1C112029-ARTIKEL.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Putri, Melda Eka. 2017. Analisis Keterlaksanaan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Jenis Masalah Decision Making Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Dan Basa di SMAN 1 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd, M.Sc., Pembimbing (II) Drs. Abu Bakar, M.Pd. Kata Kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Decision Making, Keterampilan Proses Sains, Asam dan Basa. Penggunaan model dalam kegiatan pembelajaran mempengaruhi keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Guru di sekolah telah berupaya meeningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan cara menerapkan berbagai model pembelajaran agar hasil belajar siswa sesuai yang diharapkan, namun dikarenakan penerapannya belum maksimal sehingga keterampilan proses sains siswa juga belum berkembang dan meningkat secara maksimal. Alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan memilih fokus jenis masalah decision making yang dapat melihat pengaruh terhadap hasil belajar siswa meningkat secara maksimal yakni model inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model inkuiri terbimbing dengan jenis masalah decision making dalam peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi asam dan basa di kelas XI MIPA SMAN 1 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI MIPA 5. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model inkuiri terbimbing baik dari guru maupun siswa dan soal tes essay siswa. Korelasi keterlaksanaan model inkuiri terbimbing dengan hasil belajar siswa dicari dengan korelasi Produk Momen. Keterlaksanaan model inkuiri terbimbing oleh guru dan siswa telah terlaksana sesuai dengan prinsip model inkuiri terbimbing tiap pertemuannya. Korelasi keterlaksanaan model inkuiri terbimbing (keterampilan proses sains) siswa dengan hasil belajar dikategorikan sangat rendah dengan rata-rata ρ 0,16. Dengan demikian, model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran asam dan basa di kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Kota Jambi sudah terlaksana dengan baik oleh guru dengan melibatkan siswa sehingga siswa masih dapat meningkatkan keterampilan proses sains, namun untuk hasil belajar belum dapat meningkat dalam proses pembelajaran dikarenakan beberapa faktor.

Type: Article
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: MELDA EKA PUTRI
Date Deposited: 17 Jul 2017 04:06
Last Modified: 17 Jul 2017 04:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1355

Actions (login required)

View Item View Item