Devung, Tri Vonia Solikah (2020) Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi. S1 thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
|
Text
COVER.pdf Download (22kB) |
|
|
Text
Halaman_Pengesahan[1].pdf Download (413kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (112kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (332kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (95kB) |
Abstract
ABSTRAK Devung, Tri Vonia Solikah. 2020. Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi: Skripsi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs Ekawarna, M.Psi. (II) Iwan Putra, S.E., M.S.Ak. Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Konsep Diri, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya Prestasi Belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh lingkungan belajar siswa yang masih kurang kondusif atau belum cukup memberi kenyamanan siswa untuk belajar dimana setiap siswa menginginkan kondisi atau lingkungan belajar yang nyaman digunakan untuk mereka melaksanakan proses belajar dan pembelajaran, selain itu rendahnya pemahaman siswa tentang konsep diri yang berdampak pada sikap dan pandangan terhadap diri sendiri, konsep diri yang rendah atau negatif akan memiliki sikap dan pandangan tentang diri yang negatif pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh yang signifikan antara Lingkungan Belajar terhadap Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi. 2) Pengaruh yang signifikan antara Konsep Diri terhadap Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi. 3) Pengaruh yang signifikan antara Lingkungan Belajar dan Konsep Diri terhadap Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif dengan metode Ex-Post Facto dengan Populasi siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Proportionate Stratified random sampling dengan jumlah responden 85 siswa. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi. Ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 dan nilai Koefisien regresi variabel lingkungan belajar (X1) sebesar 0,545 bertanda positif serta nilai thitung > ttabel (5,928 > 1,663). 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri terhadap prestasi belajar siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi. Ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 dan nilai Koefisien regresi variabel Konsep Diri (X2) sebesar 0,544 bertanda positif serta nilai thitung > ttabel (5,899 > 1,663). 3) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara lingkungan belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi. Ini dapat dibuktikan dengan nilai F sebesar 31,039 pada signifikansi 0,000 serta R2 sebesar 43%.
| Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | TRI VONIA SOLIKAH DEVUNG |
| Date Deposited: | 07 Sep 2020 02:18 |
| Last Modified: | 07 Sep 2020 02:18 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13553 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
