Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Karakter Hero Indonesia pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP

Wijaya, Sonya Novisca (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Karakter Hero Indonesia pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover sampul 1.pdf

Download (26kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (316kB)
[img] Text
20200824091109phpGx8hQa.pdf

Download (189kB)
[img] Text
20200824081251phpUpDKez.pdf

Download (525kB)
[img] Text
CamScanner 09-04-2020 11.18.35_1.pdf

Download (194kB)

Abstract

Wijaya, S.N, 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Karakter Hero Indonesia pada Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP”:Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Prof. Dr. Dra. Hj. Asni Johari, M.Si (II) Dr. Ervan Johan Wicaksana, S.Pd., M.Pd., M.Pd.I Kata Kunci : komik digital, pengembangan, ujicoba, implementasi. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital berbasis karakter hero Indonesia pada materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas VIII SMP, mengetahui penilaian ahli media dan ahli materi serta persepsi guru dan siswa terhadap media ini. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan komik digital terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 17 Kota Jambi. Data penelitian ini diperoleh melalui tahap validasi oleh ahli materi dan media, dilanjutkan dengan melakukan ujicoba produk kelompok kecil dan besar serta respon guru, lalu dilakukan penerapan media ini di kelas eksperimen. Adapun hasil penilaian ahli materi yaitu 89.06% dan ahli media yaitu 81.25%. Hasil penilaian persepsi guru yaitu 72.92%, persepsi kelompok kecil yaitu 84.72%, dan kelompok besar yaitu 90.09%. Data implementasi rata-rata yang diperoleh pada kelas kontrol adalah 37.3462 dan pada kelas eksperimen adalah 53.0385. Berdasarkan data tersebut menunjukkan adanya pengaruh signifikan saat diterapkan media komik digital terhadap hasil belajar siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Sonya Novisca Wijaya
Date Deposited: 04 Sep 2020 06:58
Last Modified: 04 Sep 2020 06:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13557

Actions (login required)

View Item View Item