KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENERAPKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DI SD NEGERI NO.64/I MUARA BULIAN

ANGRAINI, DINA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENERAPKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DI SD NEGERI NO.64/I MUARA BULIAN. KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENERAPKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DI SD NEGERI NO.64/I MUARA BULIAN. (In Press)

[img]
Preview
Text
A1D113060-ARTIKEL.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Angraini,Dina. 2017 “Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menerapkan karakter Tanggung Jawab di SD Negeri No.64/I Muara Bulian”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Arsil, M.Pd (II) Drs. Marjohan, S.Pd. Kata kunci : ekstrakurikuler,karakter tanggung jawab Kepramukaan pada hakekatnya tidak dapat dilepaskan dari Prinsip Dasar Kepramukaan yang keterkaitan keduanya terletak pada pelaksanaan Kode Kehormatan Pramuka. Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan harus dilaksanakan secara terpadu, keduanya harus berjalan seimbang dan saling melengkapi. Setiap unsur pada Metode Kepramukaan merupakan subsistem tersendiri yang memiliki fungsi pendidikan spesifik, yang secara bersama-sama dan keseluruhan saling memperkuat dan menunjang tercapainya tujuan pendidikan kepramukaan. Metode kepramukaan merupakan salah satu cara belajar interaktif progresif. Hal ini juaga ditegaskan dalam Dasa Darma Pramuka poin ke-9 yang berbunyi “Bertanggung jawab dan Dapat dipercaya”. Salah satu sekolah dasar yang menerapkan pendidikan kepramukaan adalah SD Negeri No.64/I Muara Bulian. Kurangnya penerapan Nilai-nilai kepramukaan mengakibatkan kesadaran siswa untuk bertanggung jawab masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses kegiatan ekstrakurikuler pramuka pada siswa kelas V di SD Negeri No.64/I Muara Bulian? 2) Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam menerapkan karakter tanggung jawab pada siswa kelas V di Sd Negeri No.64/I Muara Bulian. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rumusan masalah. Jenis penelitianadalah pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, sementara teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Berdasarkan hasil penelitian proses kegiatan ekstrakurikuler Pramuka pada siswa kelas V di SD Negeri No.64/I Muara Bulian mencakup tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan membuat materi kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk 1 (satu) tahun ajaran 2016/2017. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilakukan setiap hari sabtu setelah jam belajar sekolah selesai, dengan materi mengacu pada materi yang telah disusun. Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilakukan secara tertulis sebelum ujian semester, evaluasi didasarkan pada hasil tes tertulis ditambah dengan presensi. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam menerapkan karakter tanggung jawab pada siswa kelas V SD Negeri No.64/I Muara Bulian meliputi. Bertanggung jawab kepada diri sendiri, bertanggung jawab kepada masyarakat, bertanggung jawab kepada tuhan. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat menerapkan karakter tanggung jawab pada siswa kelas V SD Negeri No.64/I Muara Bulian. Oleh karena itu, peneliti mengharapkan agar siswa kelas V dapat mempertahankan sikap tanggung jawab, dan para pembina dapat menerapkan karakter tanggung jawab secara terus menerus pada siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DINA ANGRAINI
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:05
Last Modified: 17 Jul 2017 07:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1357

Actions (login required)

View Item View Item